Sport / balap
Reky Kalumata
Rider Ducati-Pramac Johann Zarco saat melaju di sesi free practice ketiga di MotoGP Jerman di sirkuit Sachsenring. Ronny Hartmann / AFP

Suara.com - Pebalap tim Pramac Racing Johann Zarco akan start terdepan di MotoGP Jerman setelah menjadi yang tercepat di babak kualifikasi pada Sabtu (19/6/2021), mematahkan rentetan lima pole position kompatriot asal Prancis Fabio Quartararo.

Zarco mencetak waktu terbaiknya 1:20,236 sebelum terjatuh di Tikungan 5 ketika sesi Kualifikasi 2 (Q2) menyisakan waktu satu setengah menit.

Catatan waktu tersebut bertahan hingga akhir sesi dan Zarco berhak atas pole position pertamanya musim ini dan keenam dalam kariernya di kelas premier.

Quartararo harus puas dengan posisi start kedua setelah terpaut margin tipis 0,011 detik dari pole sitter, sementara Aleix Espargaro mempersembahkan posisi start baris terdepan pertama kalinya untuk tim Aprilia di P3, demikian laman resmi MotoGP seperti dimuat Antara.

Baca Juga: Bukan Marc Marquez, Ini Pembalap Tumpuan Honda di MotoGP Jerman 2021

El Diablo menjadi satu-satunya pebalap Yamaha yang lolos ke Q2 setelah memuncaki catatan waktu kombinasi ketiga sesi latihan bebas, dibayangi oleh Jack Miller dan Johann Zarco yang menguntit dengan margin kurang dari 0,1 detik setelah FP3.

Tim Ducati Lenovo dan Pramac Racing menemukan progres dan mengirimkan seluruh wakilnya langsung ke Q2 setelah sempat kewalahan menembus peringkat sepuluh besar di sesi latihan Jumat.

Miller akan memulai serangan dari baris kedua setelah finis P4 di depan pebalap tim Repsol Honda Marc Marquez, yang menggunakan fairing baru Honda, dan pebalap KTM Miguel Oliveira.

Marquez saat ini menjadi pebalap paling dominan di Sachsenring dengan mengantongi tujuh kemenangan di kelas premier sejak debut di MotoGP pada 2013, serta tiga kemenangan di kelas 125cc dan Moto2 di saat sang pebalap Spanyol belum terkalahkan di sirkuit Jerman itu sejak 2010.

Sachsenring tahun lalu batal menggelar Grand Prix karena pandemi COVID-19, yang berarti rentetan kemenangan Marquez masih bertahan.

Baca Juga: Top 5 Sport: Timnas Indonesia Dikalahkan Korsel di Kualifikasi FIBA Asia Cup 2021

Juara dunia delapan kali itu menghadapi tantangan tersendiri akhir pekan ini, ketika mendapati P7 sebagai hasil finis terbaiknya musim ini sejak kembali membalap dari cedera berkepanjangan.

Komentar