Sport / arena
Syaiful Rachman
Atlet voli pantai putri Amerika Serikat April Ross dan Alix Klineman yang meraih emas nomor ini berselfie dengan peraih perak Mariafe Artacho del Solar dan Taliqua Clancy dari Australia, serta peraih perunggu Anouk Verge-Depre dan Joana Heidrich dari Swiss di Shiokaze Park, Tokyo, Jepang, 6 Agustus 2021. (ANTARA/REUTERS/JOHN SIBLEY)

Suara.com - April Ross dan Alix Klineman memenangkan medali emas Olimpiade yang pertamanya untuk Amerika Serikat dalam voli pantai putri sejak 2012 ketika mereka mengalahkan pasangan Australia Mariafe Artacho del Solar dan Taliqua Clancy dalam Olimpiade Tokyo 2020, Jumat (6/8/2021).

Di bawah seruan "U-S-A" dari 20 staf kontingen voli pantai AS, duo AS itu terlalu kuat bagi lawannya untuk menang 21-13, 21-15 di tengah sengatan sinar mentari dengan suhu di atas 32 derajat Celcius.

"Membantu sekali bisa mendengar delegasi kami berteriak," kata Ross seperti dikutip Antara dari Reuters.

Kekecewaan terakhir Australia adalah saat servis mereka menyangkut net yang membuat Klineman dan Ross memperoleh poin kemenangan.

Baca Juga: Angkat Besi Jaga Tradisi Medali di Olimpiade, Apa Kuncinya?

Pasangan Swiss Anouk Verge-Depre dan Joana Heidrich merebut medali perunggu setelah mengalahkan duo Latvia Tina Graudina dan Anastasija Kravcenoka 21-19 21-15.

Ini adalah medali perunggu Swiss pertama dalam nomor putri voli pantai Olimpiade. Pada 2004 putra mereka memenangkan medali perunggu.

AS yang menjadi tempat kelahiran voli pantai dan Brazil mendominasi voli pantai sejak dipertandingkan dalam Olimpiade pada 1996.

Komentar