Sport / arena
Rully Fauzi
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting meraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo. [AFP]

Suara.com - Kontingen Amerika Serikat (AS) keluar sebagai juara umum Olimpiade Tokyo berdasarkan klasemen akhir perolehan medali usai rangkaian pertandingan hari terakhir rampung, Minggu (8/8/2021).

Sementara itu, Kontingen Indonesia yang ketika seluruh atletnya rampung bertanding dan meninggalkan Olimpiade 2020 Tokyo pada Senin (2/8/2021) lalu berada di peringkat ke-35, akhirnya melorot ke urutan ke-55 dalam klasemen akhir medali.

Indonesia sendiri menjadi kontingen kedua terbaik di antara negara-negara ASEAN (Asia Tenggara), di bawah Filipina yang berada di peringkat ke-50 klasemen akhir medali Olimpiade Tokyo dengan raihan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

AS yang sebelum hari pamungkas masih menduduki peringkat kedua, mengambil alih posisi juara umum Olimpiade kali ini berkat raihan tiga medali emas tambahan hari ini, ketika China --yang sebelumnya ada di puncak-- gagal menambah satu emas pun.

Baca Juga: Indonesia Akhiri Olimpiade Tokyo di Peringkat ke-55

Dengan tambahan tersebut, AS mempertahankan gelar juara umum Olimpiade tiga edisi beruntun, dengan di Tokyo mengumpulkan total 39 medali emas, 41 perak dan 33 perunggu.

Sementara itu China di posisi kedua klasemen akhir medali Olimpiade 2020 Tokyo dengan torehan 38 medali emas, 32 perak dan 18 perunggu, diikuti tuan rumah Jepang yang mengumpulkan 27 emas, 14 perak dan 17 perunggu.

Sementara itu Britania Raya yang pada hari terakhir menambah dua medali emas, finis di peringkat keempat dengan 22 emas, 21 perak dan 22 perunggu, menyalip ROC (Rusia) yang ada di posisi kelima dengan 20 emas, 28 perak dan 23 perunggu.

Tak ketinggalan, kendati di hari terakhir Australia gagal menambah satu medali pun, mereka tetap menutup penampilan di Olimpiade Tokyo menempati posisi keenam dengan koleksi 17 emas, tujuh perak dan 22 perunggu.

Berikut 10 besar klasemen akhir perolehan medali Olimpiade Tokyo:

Baca Juga: Sambil Lap Ingus, Messi Pastikan PSG Jadi Opsi Berlabuhnya Usai Tinggalkan Barcelona

[Antara]

Komentar