Sport / balap
Rully Fauzi
Rider Petronas Yamaha SRT, Franco Morbidelli. [PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP]

Suara.com - Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis mengonfirmasi rencana mempromosikan Franco Morbidelli ke tim pabrikan Yamaha untuk sisa musim MotoGP 2021, dan juga telah mencapai kesepakatan verbal dengan Andrea Dovizioso.

Yamaha telah kehilangan Maverick Vinales setelah kedua pihak sepakat berpisah di tengah musim jelang MotoGP Austria 2021.

Hal itu membuka peluang bagi Morbidelli, yang saat ini membela tim Petronas Yamaha SRT, untuk menjadi tandem mantan rekan satu timnya, Fabio Quartararo, di tim Monster Energy Yamaha.

"Frankie akan lebih awal naik ke tim pabrikan dan tentunya rencana kami adalah mendatangkan Frankie ke tim pabrikan tahun depan," kata Jarvis seperti dilansir laman resmi MotoGP, Minggu (29/8/2021).

"Dan sekarang menyusul pemutusan kontrak (Vinales) di tengah musim, kami juga akan mengangkat Frankie di tengah musim. Ini belum diputuskan, tapi kami miliki rencana yang jelas dengan dia dan manajemen dan kami bekerja menuju itu saat ini."

Jarvis melanjutkan bahwa regulasi memungkinkan Morbidelli meneruskan sisa musim dengan motor yang digunakan oleh Vinales apabila resmi berseragam tim pabrikan nantinya.

Kemudian, Yamaha juga telah melakukan pembicaraan dengan Andrea Dovizioso untuk rencana mendatangkan sang pebalap Italia ke tim Petronas Yamaha dan menjadi tandem Valentino Rossi, yang bakal pensiun di akhir musim ini.

Dovizioso tahun ini mengambil "cuti" dari MotoGP sejak berpisah dengan Ducati akhir musim lalu dan sempat membantu pengembangan motor Aprilia musim ini.

"Soal Dovizioso kami bisa katakan kepada Anda, ini bukan pengumuman, karena kami mengumumkan apabila ada kontrak yang ditandatangani," kata Jarvis

"Kami telah mencapai kesepakatan verbal dengan Andrea dan manajemennya, jadi Andrea akan bergabung dalam waktu sangat dekat, kemungkinan rencananya di Misano.

"Jadi Andrea akan bergabung dengan tim Petronas Yamaha saat ini mulai dari Misano dan seterusnya dan juga akan membalap tahun depan untuk tim itu," pungkas Jarvis.

[Antara]

Komentar