Dinar Surya Oktarini
Jum'at, 01 Februari 2019 | 09:36 WIB
Game PUBG sedang dimainkan di sebuah ponsel pintar. [Shutterstock]

Suara.com - Bermain game dianggap sebagian orang adalah sesuatu yang negatif dan berdampak buruk bagi orang apalagi hingga ecanduan. Namun siapa sangka, penelitian terbaru justru mengungkapkan bahwa bermain game Fortnite dan PUBG ternyata dapat meningkatkan produktivitas kerja.

Selain produktivitas, bermain game bersama teman di Fortnite dan PUBG juga dapat meningkatkan kerja sama antara teman satu kantor.

Menurut hasil penelitan terbaru dari Universitas Brigham Young (BYU), Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa bermain game selama 45 menit bersama di Fornite, PUBG, dan Halo 4 ternyata dapat meningkatkan produktivitas.

''Perusahaan menghabiskan ribuan dolar untuk kegiatan membangun kekompakan kerja. Namun setelah penelitian ini, kupikir, pergilah membeli Xbox,'' kata profesor BYU, Greg Anderson.

Peneliti merekrut 352 individu dan secara acak dan membagi mereka ke dalam 80 tim.

Tak hanya itu, Peneliti memastikan tidak ada peserta yang memiliki hubungan sebelumnya berada pada tim yang sama.

Tim diuji sebelum dan setelah berpartisipasi dalam sejumlah kegiatan, termasuk bermain video game, dengan latihan ''geocaching'' kompetitif yang disebut Findamine.

Latihan tersebut akan memberikan para peserta penelitian petunjuk singkat berbasis teks untuk menemukan landmark.

PUBG. (Twitter/@PUBG)

Para peneliti menemukan tim yang terdiri dari gamer atau orang yang sudah bermain game, meningkat kinerja aktualnya pada putaran kedua Findamine secara signifikan.

Skor rata-rata yang berhasil mereka raih meningkat dari 435 menjadi 520 poin.