Tekno / sains
Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Ilustrasi fenomena langit. [Shutterstock]

Suara.com - Setiap bulan akan selalu ada peristiwa langit yang terjadi, entah dapat terlihat dengan jelas atau tidak. Di penghujung tahun 2019, pengamat bisa melihat beragam peristiwa konjungsi, solstis Desember, hingga Gerhana Matahari cincin yang melintasi Indonesia.

Januari 2020 pun tidak kalah dengan peristiwa langit menarik lainnya. Dilansir dari In The Sky, berikut ini lima peristiwa langit yang bisa diamati pada Januari 2020:

1. Bumi di Perihelion

Perihelion merupaka jarak terdekat Bumi dengan Matahari. Pada 2020, perihelion Bumi terjadi pada 5 Januari.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 6,4 Guncang Aceh, Tak Berpotensi Tsunami

Jarak terdekat (perihelion) dan jarak terjauh (aphelion) dapat terjadi karena jarak Bumi dan Matahari beragam sekitar 3 persen sepanjang tahun yang disebabkan orbitnya yang sedikit berbentuk oval, mengikuti jalur yang disebut elips.

Bumi di Perihelion. [In the sky]

Secara teori, peristiwa ini menjadikan Matahari terlihat sedikit lebih besar di langit daripada hari-hari lainnya dalam setahun. Tetapi, perbedaan ukuran diameter Matahari hanya berubah sebesar 3 persen membuatnya hampir tidak berdampak pada apapun, terutama cuaca.

2. Gerhana Bulan Penumbra

Indonesia akan kembali berkesempatan melihat gerhana. Kali ini adalah Gerhana Bulan penumbra yang terjadi pada 11 Januari mendatang.

Ini merupakan fenomena ketika Bulan masuk bayangan penumbra Bumi sehingga cahaya Bulan purnama yang terang menjadi tampak redup.

Baca Juga: Penampakan Minuman Larutan Penyegar Ini Bikin Ngakak

Seluruh wilayah Indonesia bisa menyaksikan fenomena ini dengan pengamatan langsung. Gerhana Bulan penumbra akan dimulai pukul 00.08 WIB dengan waktu puncak gerhana terjadi pada 02.11 WIB dan berakhir pada 04.12 WIB.

Gerhana Bulan Penumbra. [In the sky]

Di Jakarta, gerhana ini dapat terlihat di langit barat laut dengan Bulan terletak 46 persen di atas cakrawala. Selain Indonesia, wilayah lain yang berkesempatan melihat adalah Afrika, Oceania, Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Komentar