Tekno / tekno
Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Ilustrasi bekerja dari rumah. (Shutterstock)

Suara.com - Seiring dengan penerapan pembatasan jarak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, nyaris semua aktivitas dilakukan di rumah. Maka, tidak mengherankan jika sebagian orang menghabiskan banyak waktu di layar ponsel atau komputer. Entah itu untuk bekerja, menonton, atau bermain game.

Namun jika terlalu lama menatap layar ponsel atau komputer, mata akan cepat lelah dan tak jarang berakibat buruk bagi kesehatan mata. Agar hal tersebut tidak terjadi, simak dulu tips agar mata tidak mudah lelah saat melihat layar ponsel dan komputer, dilansir laman logansportmemorial.org, Selasa (12/5/2020) berikut ini:

Kurangi Waktu Pemakaian Komputer dan Ponsel

Anda bisa mengurangi ketegangan mata dengan mengurangi waktu pemakaian perangkat dengan merujuk pada hitungan 20/20/20, yakni setiap setiap 20 menit, berpalinglah dari layar setidaknya selama 20 detik.

Baca Juga: Cara Membuka Kunci Smartphone saat Lupa Password

Saat berpaling dari layar, fokuslah pada obyek yang berjarak 20 kaki dari mata. Selanjutnya, Anda harus berkonsentrasi untuk memfokuskan visi Anda pada obyek tersebut.

Ilustrasi para remaja yang fokus dengan ponsel pintar mereka masing-masing. [Shutterstock]

Selain itu, Anda juga disarankan untuk berisitirahat dengan mengambil minum atau pergi ke toilet agar tidak terus-terusan menatap layar.

Perbaiki Cara Anda Menatap Layar

Beberapa perubahan dalam cara menatap layar dapat meringankan stres mata. Anda disarankan untuk memperbaiki postur tubuh, jangan bermain ponsel dengan posisi tidur atau menyalakannya pada saat gelap.

Selain itu, pastikan juga jika jarak mata ke perangkat kisaran 20-28 inci dan jangan lupa mengurangi tingkat kecerahan layar jika melihatnya di kondisi yang minim cahaya.

Baca Juga: Virus Corona Disebut Bisa Masuk Tubuh Lewat Mata, Bagaimana Caranya?

Gunakan Kacamata Anti Radiasi