Tekno / internet
Liberty Jemadu
Operator seluler di Eropa meminta raksasa teknologi Amerika, termasuk Youtube, untuk membayar sewa jaringan internet. Foto: Ilustrasi aplikasi YouTube pada ponsel pintar dan komputer tablet (Shutterstock).

Suara.com - Para raksasa teknologi Amerika Serikat seperti Google, Facebook, Twitter, Netflix dan Amazon diminta untuk membayar ongkos atau sewa jaringan internet oleh para operator seluler di Eropa.

Sebanyak 13 operator seluler Eropa, termasuk Deutsche Telekom dan Vodavone pada Senin (29/11/2021) meminta para raksasa internet AS untuk membayar ongkos infrastruktur yang mereka gunakan dan bahkan kuasai.

Desakkan dari perusahaan telekomunikasi Eropa itu disampaikan ketika para operator seluler dunia sedang berlomba berivestasi mengembangkan teknologi internet 5G, kabel fiber optik, dan satelit.

Kebutuhan infrastruktur internet baru itu untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang kini semakin banyak mengonsumsi konten serta layanan dari Netflix, Google, Facebook, Youtube, Twitter, dll.

Baca Juga: 6 Situs Live Streaming Anime Terbaik dari iQiyi hingga Animeindo

Investasi untuk sektor teknologi di Eropa naik menjadi 52,5 miliar euro pada 2020 lalu, demikian dilansir dari Reuters.

"Lalu-lintas internet sebagian besar dipicu dan keuntungannya dikeruk oleh platform-platform teknologi raksasa, tetapi layanan internet itu membutuhkan investasi yang intensif dan terus menerus dari sektor telekomunikasi," demikian bunyi pernyataan para bos operator seluler Eropa tersebut.

"Model ini - yang memungkinkan warga Uni Eropa menikmati buah transformasi digital - hanya bisa terus berjalan jika para raksasa teknologi ikut berkontribusi secara adil terhadap biaya jaringan," imbuh mereka.

Keluhan dan tuntutan para operator seluler Eropa ini senada dengan yang disuarakan oleh operator seluler di Korea Selatan. Perusahaan media sosial dan video online AS di Korsel telah mulai membayar biaya penggunaan jaringan ada operator-operator seluler di negara K-Pop tersebut.

Baru-baru ini, SK Broadband - sebuah operator seluler Korsel - menggugat Netflix untuk meminta ganti rugi biaya kenaikkan trafik yang dipicu oleh larisnya serial Squid Game. Netflix di sisi lain mengatakan ketika itu akan mengkaji gugatan tersebut.

Baca Juga: 6 Serial Netflix Terbaik yang Wajib ada di Daftar Tontonan

Komentar

terkini