Bisnis / keuangan
Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Ilustrasi beasiswa pendidikan. (Shutterstock)

Suara.com - Pada masa pandemi ini, pemotongan gaji hingga Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) banyak dialami oleh para pekerja di hampir semua kota di Indonesia. Tak terkecuali pekerja yang tinggal di Kota Jababeka, Cikarang. 

Tidak sedikit penghuni Kota Jababeka yang mengalami dampak covid-19 seperti PHK maupun Pemotongan Gaji lebih dari 50% sehingga mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari atau membiayai biaya sekolah anaknya. 

Melihat kondisi tersebut, PT Jababeka Tbk (Jababeka) bekerja sama dengan Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) menyiapkan beasiswa pendidikan bagi penghuni yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau pemotongan gaji lebih 50% dan masih mempunyai tanggungan keluarga untuk melanjutkan pendidikan (KB, TK, SD, SMP, SMA, Universitas). 

"Program beasiswa ini diharapkan untuk dapat meringankan beban dan bermanfaat bagi penghuni Kota Jababeka yang terdampak PHK dengan menyediakan beasiswa di semua jenjang pendidikan," ujar Direktur Utama PT Jababeka Tbk Budianto Liman dalam keterangannya, Senin (30/8/2021).

Baca Juga: Catat, Sampoerna University Buka Kesempatan Beasiswa Berstandar Internasional

Program beasiswa bertajuk  Jababeka Care for Education tersebut berlaku di semua jenjang di sekolah-sekolah yang bernaung dalam YPUP, yaitu KB, TK, President Special Needs Center, SD, SMP, SMA, dan President University.

Adapun beasiswa yang akan diberikan yaitu beasiswa penuh (full scholarship) dan beasiswa sebagian (partial scholarship) hingga 76%. 

Syarat beasiswa yang diberikan juga mudah dan tanpa pungutan biaya, yaitu  penghuni Kota Jababeka melampirkan KTP atau surat domisili,  surat keterangan PHK atau surat pemotongan gaji (lebih dari 50%) dari perusahaan yang terdampak covid-19, dan kartu keluarga atau surat keterangan bagi anak usia sekolah. 

Adapun seleksi program beasiswa Jababeka ini terdiri dari tiga tahap, yaitu pendaftaran dari 17 Agustus – 15 September 2021 2021, dan  assessment dan verifikasi dari 17–18 September, dan pengumuman pada 20 September 2021. 

Baca Juga: UNU Jogja Buka Beasiswa Rp 135 Juta per Calon Mahasiswa Baru

Komentar