Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Kiper anyar Liverpool, Alisson Becker (kiri) bersama manajer The Reds Jurgen Klopp (foto: laman resmi Liverpool)

Suara.com - Legenda Liverpool, Robbie Fowler, meminta pendukung The Reds untuk tak berekspektasi terlalu tinggi pada kiper anyar Alisson Becker. Menurut penyerang andalan Liverpool di akhir 90-an itu, Alisson juga butuh masa adaptasi dengan lingkungan barunya. 

Seperti diketahui, Alisson resmi berkostum Liverpool baru-baru ini usai diakuisisi dari AS Roma dengan banderol 67 juta pounds. Kiper utama Timnas Brasil berusia 25 tahun itu pun berstatus kiper termahal dunia saat ini.

Dalam pandangan Fowler, Alisson sewaktu-waktu bisa saja melakukan blunder atau kesalahan seperti halnya Loris Karius. Fowler lantas mencontohkan bagaimana David De Gea saat menjalani musim debutnya bersama Manchester United, yang mana banyak melakukan blunder.

Pada musim 2011/2012 yang merupakan musim debut De Gea di Inggris usai ditransfer dari Atletico Madrid, sang kiper memang kerap membuat blunder elementer. Namun, kiper utama Timnas Spanyol itu kini dikenal sebagai salah satu kiper terbaik dunia.

Baca Juga: Jumpa AC MIlan di ICC 2018, Man United Menang Adu Penalti

Fowler melihat, Alisson kemungkinan akan melalui tahapan sulit di awal-awal merumput di Liga Inggris. Fowler pun yakin jika sang kiper takkan bisa langsung nyetel dengan kerasnya atmosfer Premier League.

"Alisson tidak diragukan lagi adalah kiper kelas dunia, namun Liga Inggris itu sulit. Takkan mudah baginya di awal-awal, saya pikir ia akan mendapati kejutan-kejutan yang tidak ia sangka. Akan baik buat fans untuk mengerem ekspektasi yang terlalu berlebihan padanya," buka Fowler seperti dimuat Daily Mirror. 

"Saya pikir ia butuh masa adaptasi, saya pikir semua pemain besar juga begitu di Premier League. Saya memprediksi akan ada momen dia melakukan kesalahan demi kesalahan. David De Gea saja butuh waktu untuk beradaptasi di Manchester United sebelum dikenal sebagai seorang kiper hebat," celotehnya.

"Adapun perekrutan Alisson ini begitu diperlukan. Liverpool setia pada (Loris) Karius selama musim panas (2018) dan pramusim (jelang musim 2018/2019), namun musim baru akan brutal untuk orang Jerman tersebut. Dia akan menemui banyak cercaan dan itu bukan hanya menghadirkan tekanan ekstra untuknya, namun juga klub ini," jelas Fowler.

"Jadi untuk bermanvuer di bursa transfer dan membelanjakan banyak uang untuk kiper bintang adalah hal yang bagus untuk semua orang yang terkoneksi dengan Anfield, termasuk fans," tandas pria Inggris berusia 43 tahun itu.

baca juga

terkini