Bola / liga-spanyol
Syaiful Rachman
Suasana laga perempatfinal Liga Champions 2019/2020 antara Barcelona vs Bayern Munich di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. [Manu Fernandez / POOL / AFP]

Suara.com - Musim 2014/15, adalah musim terakhir kejayaan Barcelona di ajang Liga Champions. Ketika itu, Barcelona masih di bawah komando Luis Enrique.

Di musim 2014/15 itu juga Barcelona terakhir kalinya menyabet treble, atau tiga trofi dalam satu musim: La Liga, Copa del Rey dan juga Liga Champions.

Sejak saat itu, pamor Barcelona seakan surut di kancah Eropa. Trofi paling bergengsi di Benua Biru, Liga Champions, tak pernah lagi mendarat di Camp Nou.

Tercatat, sejak terakhir kali memenangkan Liga Champions, Barcelona memboyong 23 pemain berkelas yang menelan dana hingga 989 juta euro atau sekitar Rp17,4 triliun.

Baca Juga: Eto'o Sindir Barcelona, Minta Eks Timnya Ganti Nama jika Lionel Messi Pergi

Suasana laga perempatfinal Liga Champions 2019/2020 antara Barcelona vs Bayern Munich di Estadio da Luz, Lisbon, Portugal, Sabtu (15/8/2020) dini hari WIB. [MANU FERNANDEZ / POOL / AFP]

Akan tetapi, besaran uang yang dikeluarkan tidak sebanding. Upaya Barcelona memboyong trofi Si Kuping Besar di musim ini bahkan berakhir tragis.

Meski bertabur bintang dan diperkuat pemain yang sukses meraih enam trofi Ballon d'Or, Lionel Messi, Barcelona dipermalukan Bayern Munich di babak perempat final dengan delapan gol berbalas dua, Sabtu (15/8/2020).

Tim yang digadang-gadang sebagai klub terbaik di dunia digasak 8-2, manajemen klub Barcelona FC pun kehilangan muka. Kesabaran yang ditahan usai gagal mempertahankan gelar La Liga pun berubah menjadi kemurkaan yang berujung dengan pemecatan pelatih Quique Setien.

Berikut daftar belanja bintang Barcelona sejak keberhasilan terakhir klub tersebut merebut trofi Liga Champions usai mengalahkan Juventus di Berlin pada 2015, seperti dilaporkan Marca.

Musim 2015/16: 62 juta euro

Baca Juga: Cedera Lutut, Marc-Andre ter Stegen Segera Jalani Operasi

Langkah pertama yang diambil Barcelona usai memenangi Liga Champions musim 2014/15 adalah memboyong pemain asal Turki Arda Turan yang ketika itu tengah naik daun bersama Atletico Madrid. Saat itu, Turan diboyong dengan transfer sebesar 40 juta euro.

Komentar