Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Pesepak bola Sutan Zico berlatih usai mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 secara virtual di kediamannya di Desa Tlajung Udik, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj

Suara.com - Pemain muda Persija Jakarta Sutan Zico mengakui masih memiliki kekurangan sehingga tidak dipanggil oleh Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong untuk ambil bagian dalam pemusatan latihan atau training camp (TC) di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, Timnas U-19 sedang menjalani pemusatan latihan di Jakarta yang berlangsung sejak 13 November hingga 23 November mendatang. 38 pemain dipanggil Shin Tae-yong untuk mengikuti TC kali ini.

Sayangnya, dalam daftar tersebut tidak ada nama Sutan Zico. Untuk posisi penyerang juru taktik asal Korea Selatan itu lebih memilih memanggil Saddam Emiruddin Gaffar, Irfan Jauhari, Jack Brown, M. Bahril, Braif Fatari, dan Titan Agung.

Zico sendiri pernah menjadi andalan lini depan Timnas U-19 ketika berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-19 beberapa waktu lalu. Ketika itu, Pasukan Merah Putih masih dilatih oleh Fakhri Husaini.

Baca Juga: Pemain Persija Ini Ungkap Timnas Indonesia U-19 Latihan Sampai Malam

Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 Sutan Zico melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Australia pada pertandingan perempat final Piala AFC U-16 di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10). ANTARA FOTO/HO/AFC

Tak dipilih, Zico mencoba berpikir positif. Ia menyebut dirinya masih punya kekurangan dibandingkan dengan striker yang dipanggil oleh Shin Tae-yong.

"Mungkin yang saya kira masih kurang adalah postur saya. Meskipun saya dianggap memiliki insting gol yang sangat baik, postur saya masih kalah dengan striker yang ada di timnas," kata Zico dikutip dari kanal YouTube Persija Jakarta, Rabu (18/11/2020).

Zico siap kerja keras untuk memperbaiki kekurangannya agar bisa kembali dilirik oleh pelatih berusia 51 tahun tersebut. Sebab, ia ingin sekali kembali memperkuat Timnas Indonesia.

"Maka dari itu saat ini saya terus membenahi kekuatan otot saya dan bekerja lebih keras lagi. Dengan menujukkan itu mudah-mudahan bisa dipanggil kembali dan bila itu terjadi saya tidak akan menyia-nyiakan kesempatan itu nantinya," pungkasnya.

Skuat Garuda Nusantara --julukan Timnas U-19-- sedang disiapkan untuk menghadapi Piala Asia U-19 pada Maret 2021 di Uzbekistan. Pada kejuaraan tersebut Timnas U-19 berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Iran, dan Kamboja.

Baca Juga: Ketum PSSI Minta Pelatih Lokal Contoh Cara Shin Tae-yong Melatih

Setelah itu Timnas U-19 diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Komentar