Bola / bola-indonesia
Rauhanda Riyantama | Arif Budi
Pelatih Timnas Vietnam U-22, Park Hang-seo (kanan) melakukan protes ketika dirinya mendapat kartu merah saat laga final cabang olahraga sepakbola SEA Games 2019 kontra Timnas Indonesia U-22 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa (10/12/2019) malam WIB. [ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan]

Suara.com - Timnas Vietnam tergabung dalam Grup B bersama Indonesia di Piala AFF 2020. Menanggapi hasil tersebut, pelatih Park Hang-seo pantang anggap remeh lawan.

Vietnam merupakan tim juara bertahan Piala AFF dan menempati pot unggulan satu di undian grup. Hasilnya, Vietnam akan bertemu dengan Timnas Indonesia, Malaysia, Kamboja dan Laos dari undian yang digelar di Singapura secara virtual pada Selasa (21/9/2021) siang WIB.

Park Hang-seo pun angkat bicara dengan hasil undian ini. Meski menjadi unggulan di Grup B Piala AFF 2020 ini, pelatih asal Korea Selatan itu tidak menganggap remeh lawan.

"Saya pikir tim di grup yang tergabung dengan Vietnam semuanya sama. Mereka lawan yang tangguh," ucap Park Hang-seo dikutip dari situs vff.org.vn.

Baca Juga: Profil Milomir Seslija, Juru Taktik PSM yang Menyoroti Metode Latihan Timnas Indonesia

"Kami harus memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Tujuan pertama adalah melewati fase grup lebih dulu. Kemudian kami bisa melaju ke semifinal dan final," imbuhnya.

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam (kanan) mempertahankan bola dari kawalan pesepak bola Timnas Vietnam Nguyen Tuan Anh (kiri) dalam pertandingan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Al Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab, Senin (7/6/2021) malam. ANTARA FOTO

Masih dalam laporan yang sama, Park Hang-seo kemudian mengeluhkan stamina yang bakal dihadapi para pemainnya. Sebab, Vietnam kini menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 ronde ketiga.

"Sekarang kami bermain di babak kualifikasi ketiga Piala Dunia 2022. Jelas kami akan menghadapi banyak kesulitan karena harus pindah untuk bermain kandang dan tandang yang cukup melelahkan," ungkapnya

"Selain itu, V.League (Liga Vietnam) saat ini tidak berlangsung, jadi pemilihan pemain hanya dapat dilakukan dari daftar yang sudah disiapkan dari Kualfikasi ketiga Piala Dunia," lanjutnya.

Vietnam sendiri merupakan satu-satunya negara Asia Tenggara yang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Vietnam tergabung dengan negara kuat seperti Australia, Arab Saudi, Oman, Jepang, dan China.

Baca Juga: Profil Paul Munster, Pelatih Bhayangkara FC yang Kritik Shin Tae-yong

Sejauh ini, Vietnam sudah menjalani dua laga melawan Arab Saudi dan Australia yang semuanya berakhir dengan kekalahan.

Komentar