Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Bintang Barcelona, Lionel Messi membuat rekor setelah meraih trofi Ballon d'Or untuk keenam kalinya pada 2019 di Chatelet Theatre, Paris. (FRANCK FIFE / AFP)

Suara.com - Ballon d'Or menjadi salah satu penghargaan individu paling prestisius di jagat sepak bola, dan Lionel Messi tercatat sebagai peraih terbanyak penghargaan tersebut dengan 6 trofi.

Dalam satu dekade ke belakang, persaingan meraih Ballon d'Or sendiri dikuasai oleh Messi dan Cristiano Ronaldo.

Tercatat cuma Luka Modric sebagai satu-satunya pemain yang bisa mengganggu dominasi kedua pemain tersebut.

Adapun, Lionel Messi menjadi pemenang terakhir Ballon d'Or pada 2019. Pasalnya, edisi 2020 ditiadakan karena pandemi COVID-19.

Baca Juga: Messi Pun Rela, Ini Awal Mula Strategi Pagar Betis Rebahan

Untuk edisi 2021, tanggal resmi pengumuman peraih Ballon d'Or memang belum diumumkan. Namun, diprediksi ajang ini akan dilangsungkan pada awal Desember 2021.

Messi sendiri diprediksi bakal kalah atau gagal meraih trofi Ballon d'Or ketujuhnya tahun ini. Berikut ulasannya.

1. Minim Prestasi di Level Klub

Di musim 2020/21, Messi minim prestasi bersama Barcelona. Blaugrana hanya finis di posisi ketiga Liga Spanyol dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions.

Satu-satunya trofi yang diraih Messi bersama Barcelona musim lalu adalah gelar Copa del Rey. Tentu raihan ini tidak begitu prestisius bagi klub sekelas Barca.

Baca Juga: BBM di Inggris Langka, Cristiano Ronaldo Enggak Kebagian Bensin

2. Catatan Individu Kalah dari Pemain Lain

Selain prestasi kolektif, catatan individu Lionel Messi dengan pemain di level klub cukup jauh. Ambil contoh Robert Lewandowski.

Messi memang mampu mengemas 38 gol bersama Barcelona dari 47 laga musim lalu, namun jumlah itu masih kalah dari Lewandowski yang mencetak 48 gol dari 40 laga bersama Bayern Munich.

3. Pemenang Copa America Jarang Raih Ballon d'Or

Selain Copa del Rey di level klub, Messi sebetulnya mampu membawa Argentina menjadi kampiun Copa America 2021. Prestasi ini sempat membuat Messi digadang-gadang bisa raih Ballon d'Or.

Akan tetapi, fakta menyebutkan bahwa jarang pemain yang bisa meraih Ballon d'Or usai menjuarai Copa America.

Tercatat hanya ada dua orang yang melakukannya, yakni Ronaldo Luis pada 1997 dan Rivaldo (1999). Di luar nama itu tak ada bisa melakukannya lagi.

4. Performa Tak Apik di PSG

Faktor lain yang bikin La Pulga besar kemungkinan kalah di persaingan Ballon d'Or 2021 adalah performanya yang melempem setelah pindah ke PSG.

Messi baru tampil sebanyak 4 kali di musim 2021/22 dan baru mencetak 1 gol buat Les Parisien.

5. Tak Masuk Nominasi Pemain Terbaik Eropa

Faktor lain yang besar kemungkinan membuat Messi akan gagal meraih Ballon d'Or adalah tidak masuknya dia di tiga besar nominasi Pemain Terbaik Eropa 2020/21.

Tiga pemain yang mengisi nominasi itu adalah Jorginho, Kevin De Bruyne dan NGolo Kante. Faktanya, semenjak penganugerahan pemain terbaik Eropa digelar pada 2011, peraih trofi Ballon dOr selalu masuk tiga nominasi ajang tersebut.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar