Bola / liga-inggris
Rully Fauzi
Manajer Manchester City, Pep Guardiola. [Dave Thompson / POOL / AFP].

Suara.com - Meski masih terus bergelimang sukses, saat ini masa depan Pep Guardiola sebagai pelatih Manchester City sudah mulai meninggalkan tanda tanya besar.

Pasalnya, Pep Guardiola terkenal sebagai sosok pelatih yang menaati kontrak kerja sama dengan pihak klub. Saat kontraknya berakhir, Pep Guardiola selalu meninggalkan klubnya.

Yang terakhir, hal itu dilakukan nakhoda asal Spanyol itu ketika bekerja di Bundesliga Jerman bersama Bayern Munich.

Ketika kontraknya berakhir pada musim panas 2016, Pep langsung meninggalkan Bayern dan akhirnya melanjutkan tantangan baru bersama Manchester City.

Saat ini, kontrak Pep masih tersisa hingga 30 Juni 2023. Ada peluang bagi eks pelatih Barcelona itu untuk meninggalkan City ketika durasi kontraknya berakhir.

Jika hal itu benar terjadi, maka City harus memutar otak untuk mencari sosok pelatih yang tepat untuk menggantikan Pep Guardiola.

Berikut suara.com menyajikan lima calon pelatih yang rasanya pantas menggantikan Pep Guardiola di Manchester City:

Luis Enrique

Jika Pep Guardiola benar-benar angkat kaki, maka salah satu sosok pelatih yang tepat untuk menggantikannya ialah Luis Enrique.

Saat ini, Luis Enrique memang masih berstatus sebagai juru taktik timnas Spanyol. Dia juga dianggap sebagai sosok terbaik dalam kandidat yang ada.

Sebetulnya, Enrique juga pernah mengalami pengalaman serupa ketika menggantikan posisi yang pernah diisi oleh Pep Guardiola.

Sebab, pada 19 Mei 2014, pelatih berusia 51 tahun ini pernah ditunjuk sebagai sosok pengganti Pep Guardiola di Barcelona.

Saat itu, ia mendapat kontrak selama dua tahun setelah direkomendasikan oleh Direktur Olahraga Barcelona, Andoni Zubizarreta.

Julen Lopetegui

Julen Lopetegui sempat kehilangan pekerjaannya di timnas Spanyol demi menangani Real Madrid. Padahal, ketika itu pekerjaannya cukup impresif.

Namun, dia justru menerima tawaran Los Blancos untuk menggantikan kursi pelatih yang sebelumnya dijabat oleh Zinedine Zidane.

Sayangnya, Julen yang diperkenalkan sebagai pelatih pada 12 Juni 2018 justru didepak oleh Real Madrid pada 29 Oktober 2018. Praktis, masa kerjanya di Santiago Bernabeu hanya berlangsung tak lebih dari lima bulan.

Namun, reputasi pelatih asal Spanyol ini kembali gemilang ketika sukses membawa Sevilla meraih juara Liga Eropa 2019/2020.

Kiprah Julen Lopetegui jelas sangat mentereng bagi Manchester City. Ini membuatnya layak ditunjuk untuk menggantikan posisi Pep Guardiola.

Erik Ten Hag

Semenjak ditunjuk sebagai pelatih Ajax Amsterdam pada tahun 2017 silam, Erik Ten Hag mulai membuktikan kompetensinya dalam hal meracik strategi.

Sejauh ini, sudah ada sederet prestasi yang dipersembahkan Erik Ten Hag selama menjabat sebagai nakhoda di staf kepelatihan Ajax Amsterdam.

Salah satu pencapaian terbainya, selain mempersembahkan gelar juara di liga domestik, ialah di membawa Ajax moncer di kancah Liga Champions.

Buktinya, Ten Hag berhasil membimbing klub raksasa Belanda ini melaju hingga fase semifinal. Ajax juga sukses menumbangkan sejumlah klub besar seperti Real Madrid dan Juventus.

Tentu, pengalaman hebat ini sangat berharga untuk Manchester City agar mampu meraih kejayaan di level Eropa.

Andrea Pirlo

Pada musim lalu, sebetulnya kiprah Andrea Pirlo bersama Juventus tak terlalu buruk. Sebab, dia sukses membantu Si Nyonya Tua meraih gelar Coppa Italia.

Selain itu, mereka juga merengkuh trofi Piala Super Italia dan mengakhiri kompetisi Liga Italia di zona Liga Champions.

Strategi permainan terbuka yang kerap dipromosikan Pirlo tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi kompetisi Liga Inggris.

Itulah sebabnya, Andrea Pirlo digadang-gadang menjadi sosok yang tepat untuk menjadi suksesor Pep Guardiola di Manchester City.

Ernesto Valverde

Sosok pelatih terakhir yang bisa menjadi opsi bagi Manchester City untuk menggantikan Pep Guardiola ialah Ernesto Valverde.

Reputasi pelatih asal Spanyol itu sebetulnya cukup menjanjikan. Sebab, dia memiliki banyak kesuksesan sepanjang karier kepelatihannya.

Beberapa klub yang pernah diantarkan Valverde untuk meraih gelar juara ialah Espanyol, Olympiacos, Athletic Bilbao, dan Barcelona.

Bersama klub yang disebut terakhir, Valverde pernah mengantarkan Blaugrana meraih dua kali gelar La Liga secara beruntun, yakni pada musim 2017/2018 dan 2018/2019.

Selain itu, ada gelar Copa del Rey 2017/2018 dan Supercopa de Espana pada 2018.

Catatan gelar juara itu membuat Valverde cocok menggantikan Pep Guardiola di Manchester City. Apalagi, saat ini pelatih berusia 57 tahun itu berstatus tanpa klub.

[Muh Adif Setiawan]

Komentar