Bola / liga-spanyol
Reky Kalumata
Aksi striker Barcelona Luis Suarez usai pertandingan setelah mengalahkan Napoli di leg kedua babak 16 besar Liga Champions di Camp Nou stadium. LLUIS GENE / AFP

Suara.com - Liverpool dan Barcelona seperti tak pernah bisa dipisahkan apabila berbicara soal transfer pemain bintang.

Sebab, dalam sejarah hubungan Liverpool dan Barcelona, muncul nama-nama pemain top yang pernah memperkuat dua klub besar ini.

Beberapa nama di antaranya pernah gagal bersinar di Barcelona, lalu memilih pindah ke Liverpool dan justru mendapatkan kesuksesan.

Sementara itu, Liverpool lebih sering menjadi penyuplai pemain-pemain bintang untuk Barcelona.

Baca Juga: Jan Oblak: Duel Atletico Madrid Vs Liverpool Selalu Spektakuler

Biaya transfer yang dikeluarkan oleh Barcelona untuk mendatangkan pemain-pemain bintang Liverpool juga terhitung besar.

Karena relasi transfer inilah, muncul pemain-pemain top yang pernah mencatatkan karier bersama Liverpool dan Barcelona saat aktif bermain.

Berikut lima pemain top yang pernah memperkuat Liverpool dan Barcelona dalam perjalanan kariernya.

Javier Mascherano

Javier Mascherano pernah menjadi salah satu pemain penting saat bermain untuk Liverpool. Dia merupakan rekan duet Xabi Alonso di sektor lini tengah.

Baca Juga: Ronald Koeman: Barcelona Kekurangan Pemain Seperti Ansu Fati

Sayangnya, Alonso justru dilepas Liverpool. Mascherano pun memilih untuk mengikuti jejak rekan duetnya itu. Dia akhirnya memilih bergabung dengan Barcelona pada 2010.

Bersama Blaugrana, pemain asal Argentina ini justru meraih banyak kesuksesan. Dia juga sukses menjalani transformasi posisi dari gelandang menjadi bek tengah.

Thiago Alcantara

Thiago Alcantara sempat menjadi salah satu pemain binaan Barcelona yang digadang-gadang akan bersinar di masa depan.

Saat itu, Thiago mencatatkan debutnya bersama tim senior Barcelona saat masih berusia 18 tahun. Momen itu tepatnya terjadi ketika Blaugrana menghadapi RCD Mallorca pada 14 Mei 2009.

Namun, dia tak mendapat tempat inti karena saat itu sektor lini tengah Barcelona dihuni pemain-pemain yang berkelas.
Akhirnya, Thiago angkat kaki pada 2013 dan hijrah ke Jerman untuk memperkuat Bayern Munich. Setelah berkarier di Jerman selama kurang lebih tujuh tahun, ia direkrut Liverpool pada tahun 2000.

Pepe Reina

Pepe Reina juga menjadi salah satu pemain yang pernah memperkuat Liverpool dan Barcelona sepanjang kariernya.

Mantan kiper timnas Spanyol ini sudah bermain bersama Barcelona sejak berusia muda. Setelah itu, dia mulai promosi dari Barcelona C, B, hingga senior pada 2000.

Sayangnya, dia tak menjadi pilihan utama. Setelah sempat pindah ke Villarreal, Reina akhirnya memutuskan hijrah ke Liga Inggris untuk memperkuat Liverpool.

Penampilannya di Liverpool justru lebih menjanjikan. Kariernya bersama The Reds membentang selama sembilan tahun, mulai dari 2005 hingga 2014.

Luis Suarez

Luis Suarez sukses menjadi mesin gol yang produktif saat memperkuat Liverpool. Pemain asal Uruguay ini tercatat mulai berseragam The Reds pada 2011.

Ketajamannya di Liga Inggris pun membuat Barcelona terpikat untuk merekrutnya, Akhirnya, Suarez diboyong ke Spanyol pada tahun 2014.

Posisinya di Barcelona saat itu menciptakan trio mematikan di sektor lini depan bersama Lionel Messi dan Neymar. Ketiganya dijuluki trio MSN.

Pada musim pertamanya di Barcelona, Suarez sukses meraih treble winner saat menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions pada musim 2014/2015.

Philippe Coutinho

Pemain lain yang juga bersinar bersama Liverpool dan kemudian dibajak oleh Barcelona ialah Philippe Coutinho.

Coutinho berhasil meraih kesuksesan bersama The Reds setelah sebelumnya sempat gagal bersinar di Inter Milan.

Kiprahnya di Liga Inggris sangat memukau. Sayangnya, tak ada satu pun gelar yang sukses diraih pemain asal Brasil ini selama memperkuat Liverpool.

Pada Januari 2018, Barcelona mengumumkan Coutinho sebagai rekrutan teranyar mereka. Saat itu, biaya transfer yang dikeluarkan untuk memboyong pemain 29 ini sangat fantastis.

Sebab, angkanya mencapai 105 juta pounds. Itu belum termasuk klausul yang harus dibayar Barca.

Kontributor: Muh Adif Setiawan

Komentar