Bola / bola-indonesia
Syaiful Rachman | Adie Prasetyo Nugraha
Timnas Indonesia mengawali petualangan di Grup B Piala AFF 2020 dengan gemilang usai mengalahkan Kamboja, 4-2 di Stadion Bishan Singapura, Kamis (9/12/2021). [Vidio.com]

Suara.com - Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Kamboja, 4-2 dalam laga Grup B Piala AFF 2020 yang digelar di Bishan Stadium, Singapura, Kamis (9/12/2021) malam WIB.

Gol pertama Timnas Indonesia di laga ini tercipta di menit keempat. Umpan Evan Dimas dari tendangan penjuru bisa diselesaikan dengan baik oleh Rachmat Irianto yang membuat skor menjadi 1-0.

Gol kedua Indonesia giliran Evan Dimas yang mencatatkan namanya papan skor pada menit ke-17. Evan yang lepas dari kawalan mampu melepaskan tendangan ke pojok gawang Kamboja.

Irianto mencatatkan namanya lagi di papan skor pada menit ke-33. Sama seperti gol pertamanya, penggawa Persebaya Surabaya itu membobol gawang Kamboja lewat sundulan, umpan dari Pratama Arhan.

Baca Juga: Tiga Pemain Hebat yang Diorbitkan Ralf Rangnick, Salah Satunya Kini Berseragam Chelsea

Timnas Indonesia kecolongan pada menit ke-37. Yue Safy berhasil membobol gawang Syahrul Trisna.

Di babak kedua Timnas Indonesia kembali menekan Kamboja. Di menit-menit awal tim asuhan Ryu Hirose cukup kerepotan menjaga Ezra Walian dan kawan-kawan.

Terbukti Timnas Indonesia mengubah skor menjadi 4-1 di menit ke 54. Umpan manis dari Ezra Walian bisa diselesaikan dengan baik ke dalam gawang Kamboja oleh Ramai Rumakiek.

Skor menjadi 2-4 pada menit ke-60. Sepakan free-kick pemain Kamboja, Prak Mony Udom yang sempat mengenai pagar hidup gagal ditepis oleh Syahrul Trisna.

Setelah berhasil mencetak gol, Kamboja beberapa kali membahayakan gawang Timnas Indonesia. Untungnya lini belakang skuad Garuda --julukan Timnas Indonesia-- bisa mengantisipasi dengan baik.

Baca Juga: Tiga Rekrutan Terburuk Jurgen Klopp di Liverpool

Banyak perubahan terjadi di babak kedua di kubu Kamboja. Timnas Indonesia dipaksa bertahan terutama di menit-menit akhir pertandingan.

Untungnya tidak ada tambahan gol yang tercipta hingga pertandingan selesai. Timnas Indonesia menang dengan skor 4-2.

Dengan kemenangan ini Timnas Indonesia menempati posisi dua klasemen sementara Grup B dengan perolehan tiga poin dari satu laga. Selisih tiga angka dengan Malaysia yang menempati puncak klasemen setelah memetik kemenangan di dua laga.

Perolehan poin Indonesia sama dengan yang dikumpulkan oleh Vietnam yang juga baru bermain satu kali.

Sementara Kamboja ada di posisi keempat dengan 0 poin. Disusul Laos yang juga belum mendulang poin.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia (4-2-3-1); Syahrul Trisna; Asnawi Mangkualam, Alfeandra Dewangga, Ryuji Utomo (Victor Igbonefo 46'), Pratama Arhan (Edo Febriansyah 41'); Rachmat Irianto, Evan Dimas (Syahrian Abimanyu 72'); Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya (Ramai Rumakiek 46'); Ezra Walian (Kushedya Hari Yudo 83').

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan).

Kamboja (4-3-3); Hul Kimhuy; Saret Krya, Yue Safy, Tes Sambath, Sath Rosib (Chrerng Polroth 57'); Min Ratanak, Lim Pisoth, Nhean Sosidan (Leng Nora 57'); Sieng Chanthea, Keo Sokpheng (Brak Thiva 71'), Chan Vathanaka (Sos Suhana 79').

Pelatih: Ryu Hirose (Jepang).

Komentar

terkini