Bola / bola-dunia
Rully Fauzi
Trofi Liga Champions. [OZAN KOSE / AFP]

Suara.com - Drawing alias pengundian babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 dilangsungkan di markas besar UEFA di Nyon, Swiss, Senin (13/12/2021) petang WIB. Hasilnya, ada dua big match yang mencuri perhatian.

16 klub yang akan tampil di fase ini gugur sudah dibagi ke ke dalam dua pot, yakni pot unggulan dan pot non-unggulan.

Pot unggulan berisikan tim-tim juara grup seperti Manchester City, Liverpool, Ajax, Real Madrid, Bayern Munich, Manchester United, Lille dan Juventus.

Kemudian pot non-unggulan merupakan tim-tim yang finis runner-up di fase grup kemarin.

Baca Juga: Klub Indonesia Bisa Kembali Rasakan Atmosfer Liga Champions Asia pada 2023

Ada Paris Saint-Germain (PSG), Atletico Madrid, Sporting Lisbon, Inter Milan, Benfica, Villarreal, RB Salzburg, hingga Chelsea yang merupakan juara bertahan kompetisi.

Seperti sebelum-sebelumnya, tim dari grup dan liga yang sama dipastikan tidak bertemu di 16 besar Liga Champions.

Dilakukan oleh mantan penyerang Zenit dan Arsenal, Andrei Arshavin, undian hari ini melahirkan partai Paris Saint-Germain vs Manchester United.

Big match ini akan jadi ulangan laga babak 16 besar Liga Champions musim 2017/2018 lalu.

Tentu masih segar dalam ingatan kala Manchester United melaju ke babak delapan besar usai menang gol tandang dalam agregat sama kuat 3-3 dengan PSG, setelah Marcus Rashford mencetak gol dari titik putih di menit-menit akhir pertandingan leg kedua di Paris. 

Baca Juga: Klasemen Liga Inggris Usai Gelaran Pekan ke-16

Pertandingan ini juga akan kembali jadi 'reuni' bagi dua megabintang sepakbola; Lionel Messi yang kini memperkuat PSG dan Cristiano Ronaldo yang kini kembali berseragam Manchester United.

Lionel Messi (kanan) dan Cristiano Ronaldo. [BEN STANSALL / AFP]

Baru-baru ini Messi merengkuh gelar Ballon d'Or ketujuhnya, meninggalkan Ronaldo dengan raihan lima trofi untuk penghargaan pemain terbaik dunia tersebut.

Well, laga lainnya yang tak kalah menarik di babak 16 besar ini adalah juara bertahan Liga Spanyol, Atletico Madrid yang akan menantang Bayern Munich, kampiun Liga Champions dua musim lalu.

Hasil undian 16 besar Liga Champions 2021/2022:

Benfica vs Real Madrid

Villarreal vs Manchester City

Atletico Madrid vs Bayern Munich

RB Salzburg vs Liverpool

Inter Milan vs Ajax

Sporting CP vs Juventus

Chelsea vs Lille

PSG vs Manchester United

Pertandingan fase gugur Liga Champions 2021/2022 akan digelar dalam format dua leg.

Pada leg pertama, pertandingan akan dihelat di stadion tim non-unggulan. Dan di leg berikutnya, laga akan diselenggarakan di kandang tim unggulan alias juara grup.

Jadi, delapan tim juara grup tentu mendapatkan keuntungan tersendiri atas pencapaian mereka.

Laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2021/2022 sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 15, 16, 22 dan 23 Februari 2022 nanti. Sementara, leg kedua bakal dihelat pada pada 8, 9, 15 dan 16 Maret 2022.

Sebagai informasi, mulai musim ini UEFA menghapuskan peraturan gol tandang. Agregat yang berimbang setelah leg kedua selesai akan membuat kedua tim bermain hingga perpanjangan waktu.

Jika hasil masih tidak berubah, penentuan tim yang lolos ke babak berikutnya akan ditentukan melalui adu penalti.

Partai final Liga Champios musim ini sendiri akan dihelat pada 29 Mei 2022 nanti di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, Rusia.

Komentar