Bola / liga-inggris
Arief Apriadi
Mantan kapten Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang. [OLI SCARFF / AFP]

Suara.com - Pierre-Emerick Aubameyang kian terasing di Arsenal. Teranyar, eks penyerang Borussia Dortmund itu dilepas lebih dini oleh The Gunners ke Piala Afrika.

Keputusan Arsenal melepas Pierre-Emerick Aubameyang ke timnas Gabon lebih cepat berdasarkan situasi sang pemain di tim.

Pelatih Mikel Arteta memastikan tidak akan melibatkannya saat The Gunners menjamu Manchester City di Stadion Emirates, Sabtu (1/1/2022).

Arteta mengatakan bahwa Gabon telah mengajukan permintaan agar Aubameyang diizinkan bergabung dengan timnas lebih awal, meskipun konfederasi sepak bola Afrika (CAF) sebelumnya memberi kelonggaran pemain tim-tim Inggris tenggat waktu hingga 3 Januari.

Baca Juga: Tampil di Piala Afrika, Mesir Panggil Mohamed Salah dan Trezeguet

"Kami menerima surat dari timnas Gabon meminta izin untuk memanggil pemain mereka dan pemain yang bersangkutan juga sudah tidak akan terlibat pertandingan kami.. jadi dari segi kebugaran dan kesiapan bertanding, itu langkah yang tepat," kata Arteta dikutip Reuters, Sabtu (1/1/2022).

"Selama penampilannya di Piala Afrika, yang terpenting dia harus fokus dengan timnasnya. Kami sudah berbicara dan sepakat itu langkah terbaik. Kami akan memantau dari laga ke laga," ujarnya menambahkan.

Langkah terbaru Arsenal ini menjadi keputusan tegas berikutnya terhadap Aubameyang yang semakin terpinggirkan dari rencana Arteta sejak dicopot dari jabatan kapten karena "pelanggaran indisipliner".

Penyerang berusia 32 tahun itu sudah absen dalam lima pertandingan terakhir Arsenal di semua kompetisi, setelah terakhir kali tampil dalam laga Liga Inggris melawan Everton pada 6 Desember.

Tahun lalu Aubameyang menandatandangi perpanjang kontrak tiga tahun, tetapi performanya menurun musim ini hanya mencetak empat gol di liga, terakhir pada Oktober, demikian dilansir dari Antara.

Baca Juga: Arsenal dan Tottenham Hotspur Incar Patrik Schick

Komentar