Bola / bola-dunia
Reky Kalumata
Pemain depan Bayern Munich Polandia Robert Lewandowski mencetak gol bagi timnya selama pertandingan sepak bola divisi satu Bundesliga FC Koln vs Bayern Munich di Cologne, Jerman barat, pada 15 Januari 2022. Ina Fassbender/AFP

Suara.com - Bayern Munich kembali ke jalur kemenangan disokong trigol raihan Robert Lewandowski ketika mereka mencukur tuan rumah FC Koln dengan skor 4-0 dalam laga pekan ke-19 Liga Jerman di Stadion RheinEnergie, Sabtu (15/1/2022).

Selain ketiga gol Lewandowski, kemenangan Bayern juga diwarnai sumbangan satu gol yang dicetak oleh Corentin Tolisso, sementara tuan rumah mendapati satu-satunya gol balasan mereka dianulir oleh VAR.

Ini jadi kemenangan pertama Bayern pada 2022 setelah pekan lalu membuka tahun dengan dipecundangi oleh Borussia Moenchengladach.

Tim besutan Julian Nagelsmann itu terus menjaga posisi mereka di puncak klasemen dengan koleksi 46 poin, unggul enam poin atas pesaing terdekat Borussia Dortmund.

Baca Juga: Tajam di Depan Gawang, Berikut Duet Striker Terbaik di Liga Top Eropa Musim 2021/2022

Sedangkan FC Koln yang harus merelakan rentetan kemenangan tiga laga beruntun mereka berakhir turun ke urutan kedelapan dengan 28 poin, demikian catatan situs resmi Liga Jerman seperti dimuat Antara.

Pertandingan baru berlangsung sembilan menit ketika Lewandowski menjebol gawang Koln memanfaatkan umpan terobosan dari Thomas Mueller.

Gol itu awalnya sempat dianulir oleh hakim garis, tapi belakangan disahkan setelah wasit Tobias Welz berkonsultasi dengan VAR. Gol tersebut juga menandai pemecahan rekor baru di Liga Jerman, yakni keberhasilan Bayern selalu mencetak gol dalam 66 pertandingan beruntun.

Keunggulan tim tamu berganda pada menit ke-25 setelah gelombang serangan balik cepat diakhiri oleh Tolisso dengan memanfaatkan kerja sama umpan satu dua bersama Mueller untuk melesakkan bola ke pojok kiri atas gawang Cologne.

Enam menit berselang, Mark Uth memperdaya kiper Manuel Neuer, tetapi gol balasan Koln itu kemudian dianulir setelah VAR menyatakan offside.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Bola Malam Ini: Man City vs Chelsea, Aston Villa vs MU, hingga PSG vs Brest

Skor 2-0 bertahan hingga turun minum dan Lewandowski memaksa kiper Marvin Schwaabe melakukan penyelamatan gemilang saat babak kedua baru berusia enam menit.

Komentar