Bola / bola-dunia
Syaiful Rachman
Pemain River Plate Julian Alvarez bersama rekan dan ofisial tim mengangkat trofi juara liga primer Argentina 2021 seusai laga melawan Racing Club di Estadio Monumental, Buenos Aires, Argentina (25/11/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Agustin Marcarian/aww.

Suara.com - Manchester City dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan River Plate ihwal transfer penyerang muda asal Argentina, Julian Alvarez.

Meski demikian, Julian Alvarez tidak akan langsung bermain bersama Manchester City di paruh musim ini. Alvarez akan tetap bermain bersama River Plate hingga musim 2021/22 berakhir, dengan status pinjaman.

Kabar tersebut disampaikan oleh jurnalis Italia, Fabrizio Romano. City disebut sepakat untuk menebus harga Alvarez sebesar 18,5 juta euro atau setara Rp 299,99 miliar.

Kehadiran Alvarez jelas dibutuhkan City yang sedang mencari suksesor Sergio Aguero. Terlebih, penampilan Alvarez bersama River Plate tengah moncer.

Baca Juga: 5 Tim Favorit Juara Liga Champions Musim Ini, Manchester United Tak Termasuk

Penyerang River Plate, Julian Alvarez. [JUAN MABROMATA / AFP]

Profil Julian Alvarez

Julian Alvarez merupakan pemuda kelahiran Calchin, Cordoba, Argentina, pada 31 Januari 2000. Dia adalah salah satu pemain muda Argentina paling menjanjikan saat ini.

Sejak kecil dia membela tim di kampung halamannya, Atletico Calchin. Dia kemudian pindah ke River Plate pada 2016.

Alvarez bergabung dengan tim junior River Plate dan sempat mengikuti turnamen Generation Adidas Cup. Sebelum bergabung dengan River Plate, bakat Alvarez sebetulnya sudah dilihat oleh klub-klub Eropa.

Dia tercatat pernah menjalani trial bersama Real Madrid dan mencetak 2 gol dari 5 pertandingan di kompetisi kelompok umur. Namun, dia gagal masuk ke Madrid karena batasan usia.

Baca Juga: Peringkat FIFA Timor Leste di Bawah Timnas Indonesia, Irfan Jaya Tak Anggap Remeh Lawan

Alvarez pun akhirnya bergabung dengan River Plate dan setelah 4 tahun di tim junior, dia mendapat kesempatan masuk ke skuad senior pada musim 2018/19 di bawah arahan pelatih Marcelo Gallardo.

Debut profesionalnya terjadi pada 27 Oktober 2018 di Liga Argentina. Pada musim perdananya di skuad utama River Plate, Alvarez memainkan 8 laga dengan mencetak 1 gol.

Musim kedua Alvarez di skuad utama River Plate cukup meningkat dari segi jumlah pertandingan. Dia memainkan 17 laga di semua kompetisi dengan 2 gol.

Kemudian di musim 2020/21, Alvarez mencetak 9 gol dari 25 pertandingan. Ketajamannya semakin terlihat di musim 2021/22 di mana dia mampu mencetak 22 gol dari 45 pertandingan.

Meski usianya masih muda, Julian Alvarez punya segudang prestasi bersama River Plate. Dia mengantarkan River Plate menjuarai Copa Libertadores, Copa Argentina, Supercopa Argentina, Recopa Sudamericana, hingga Liga Argentina.

Adapun, Julian Alvarez menjalani debut di Timnas Argentina pada 3 Juni 2021 saat melawan Chile di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

[Penulis: Aditia Rizki]

Komentar