Bola / bola-dunia
Arief Apriadi
Pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal. [Gints Ivuskans / AFP]

Suara.com - Pelatih timnas Belanda, Louis van Gaal mengatakan bahwa pengobatan radiasi yang dia jalani untuk menyembuhkan penyakit kanker prostat yang dideritanya telah berhasil.

Louis van Gaal yang kini berusia 70 tahun sebelumnya mengungkapkan bahwa dia telah berjuang melawan penyakit kanker prostat ketika berbicara di sebuah acara televisi Belanda pada 3 April lalu.

Mantan pelatih Manchester United itu mengatakan bahwa dia akan mundur dari masa jabatan ketiganya bersama tim nasional setelah Piala Dunia 2022. Van Gaal sebelumnya mengelola Ajax, Barcelona, dan Bayern Munich dalam karir yang cemerlang.

Berbicara kepada ANP, Van Gaal menyampaikan kabar baik. Setelah puluhan kali menjalani perawatan radiasi, dia mendapat kabar bahwa metode itu berhasil.

Baca Juga: 6 Timnas Termahal di Piala Dunia 2022, Inggris Teratas

“Saya telah melalui semuanya. Saya menjalani 25 perawatan radiasi. Kemudian saya harus menunggu lima atau enam bulan untuk melihat apakah itu berhasil. [Dan sekarang] Itu berhasil," kata Van Gaal.

Van Gaal sebelumnya mengungkapkan bahwa dia tidak mengungkapkan penyakitnya kepada para pemain karena tak ingin konsentrasi Virgil van Dijk dan kawan-kawan terpecah.

“Saya tidak ingin menceritakannya kepada para pemain saya karena itu dapat mempengaruhi penampilan mereka," ujar Van Gaal di acara televisi Humberto.

“Dalam setiap periode selama saya sebagai manajer tim nasional, saya harus pergi di malam hari untuk pergi ke rumah sakit tanpa diketahui oleh para pemain sampai sekarang. Saat berpikir aku sehat, tapi... ternyata tidak.”

Istri pertama Van Gaal, Fernanda Obbes, meninggal karena kanker hati dan pankreas pada tahun 1994. Setahun setelahnya, Van Gaal memenangkan Liga Champions pertamanya dengan tim legendaris Ajax-nya.

Baca Juga: Timnas Rusia Akhirnya Legawa Didiskualifikasi FIFA Tak Boleh Ikut Piala Dunia

“Saya telah melalui banyak penyakit, termasuk dengan istri saya sendiri,” tambahnya. “Jadi itu hanya bagian dari kehidupan.

Komentar

terkini