Entertainment / gosip
Ferry Noviandi
CEK FAKTA: Beredar Kabar Duka Nunung Meninggal Dunia Karena Kecelakaan Maut, Benarkah? (Turnbackhoax.id)

Suara.com - Baru-baru ini muncul berita di Facebook, yang mengutip dari sebuah berita online, mengabarkan komedian Nunung Srimulat tewas dalam sebuah kecelakaan.

Dalam artikel tersebut tertulis judul "Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun. Kabar Duka Nunung Srimulat Meninggal Dunia di Tol Solo-Ngawi Akibat Kecelakaan Maut, Ini penjelasannya."

Dalam artikel tersebut terpampang wajah Nunung Srimulat dan ditambahkan tulisan, "Inalilahi, Artis Komedi Nunung Meninggal?"

Benarkah berita tersebut?

Baca Juga: CEK FAKTA: Beredar Video Sebut Megawati Ingin Rombak Pancasila, Benarkah?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id, situs yang bekerja sama dengan Suara.com, kabar Nunung Srimulat tewas dalam kecelaan di Tol Solo-Ngawi adalah tidak benar, salah atau hoax.

Karena faktanya, bukan komedian Nunung yang tewas dalam kecelakaan tersebut. Tautan artikel yang disertakan dalam unggahan berisi berita kecelakaan Ketua DPC Partai Gerindra Nunung Sugiantoro. Komedian Nunung sendiri masih aktif membintangi acara "Ini Talkshow” dan hadir dalam salah satu episode yang disiarkan secara langsung pada 24 April 2022.

Narasi dengan topik serupa juga pernah beredar pada Februari 2022 lalu. Artikel dengan topik tersebut telah dimuat dalam situs turnbackhoax.id dengan judul “[SALAH] Nunung Meninggal Dunia, Usai Alami Kecelakaan Maut” yang diunggah pada 25 Februari 2022.

Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Mahadir Kingers” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Hari Raya Idul Fitri 1443 H Diundur Karena Ada Kecurangan?

Komentar

terkini