Menurut para ahli, ada tiga jenis alergi yang kerap dialami anak-anak, yakni ashma, eksim, dan rhinitis. Sebuah penelitian terkini menyebutkan, alergi rhinitis atau radang selaput hidung bisa dicegah dengan mengonsumsi ikan berminyak, salah satunya salmon.
Temuan ini terungkap melalui sebuah penelitian yang dilakukan tim dari Karolinska Institute Stockholm di Swedia terhadap 1590 anak berusia delapan tahun yang tidak memiliki alergi rhinitis.
Selama delapan tahun periode penelitian, 21 persen responden mengidap rhinitis karena alergi sementara 15 persen lainnya juga mengidap rhinitis namun bukan disebabkan oleh alergi. Temuan menunjukkan adanya penurunan risiko mengidap rhinitis karena alergi sebanyak 50 persen pada partisipan yang mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, herring dan mackerels.
Menurut konsultan diet anak di Cleveland Clinic Children, penurunan risiko ini bisa saja dipengaruhi oleh konsumsi ikan ber-omega 3 salah satunya salmon.
"Anak yang gemar mengonsumsi ikan sejak usia delapan tahun telah membiasakan dirinya untuk mencukupi nutrisi seimbang. Karena tak sedikit anak yang tak doyan mengonsumsi ikan, terutama ikan berminyak," kata Di Fabio seperti dilansir dari laman Foxnews.
Meski ikan berminyak efektif mencegah rhinitis, Di Fabio tetap menganjurkan orangtua memberi sumber omega-3 lainnya yang terdapat pada sayuran dan kacang-kacangan seperti bayam, walnut dan kacang kedelai.
"Biasakan anak untuk tidak memilih makanan. Di usianya mereka perlu mengonsumsi berbagai jenis sayuran dan makanan bergizi lainnya agar terhindar dari berbagai penyakit," imbuh Di Fabio. (Foxnews)
Tag
Berita Terkait
-
Mau Glowing Gak Cuma Modal Skincare? Coba Tambahin 8 Makanan Ini di Menu Harianmu
-
Rahasia Kehamilan Sehat dan Anak Cerdas: Nutrisi Mikro dan Omega 3 Kuncinya!
-
Rahasia Suplemen Omega-3: Benarkah Turunkan Risiko Stroke Hingga 25 Persen?
-
Peran Nutrisi Mikro dan Omega 3 dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan
-
Omega 3 Susu Ikan Lebih Tinggi dari Susu Sapi, Benarkah?
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?