Suara.com - 4 Manfaat Pola Makan Vegan untuk Kesehatan Jantung.
Pola makan vegetarianisme dan veganisme semakin populer saat ini dibanyak negara karena menjadi pilihan makan yang lebih sehat.
Dalam beberapa dekade terakhir, banyak penelitian menunjukkan bahwa membatasi konsumsi daging juga berdampak positif pada tubuh.
Seperti pola makan nabati yang terbukti mengurangi risiko obesitas, diabetes tipe 2, dan sindrom metabolik. Vegetarianisme dan veganisme bahkan dapat mencegah kanker.
Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi yang diterbitkan dalam Progress in Cardiovascular Disease, menyorot manfaat pola makan nabati pada kesehatan jantung.
Studi ini dilakukan oleh para peneliti dari Komite Dokter untuk Pengobatan yang Bertanggung Jawab di Washington D.C.
Dengan mengumpulkan informasi dari sejumlah uji klinis dan studi observasi, mereka menemukan bahwa pola makan nabati secara konsisten dikaitkan dengan peningkatan ukuran kesehatan jantung.
Beberapa manfaat lainnya, dirangkum dalam daftar berikut.
1. Risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular berkurang hingga 40 persen.
2. Risiko penyakit jantung koroner berkurang hingga 40 persen.
3. Arteri yang tersumbat tidak terblokir sebagian atau seluruhnya pada sebanyak 91 persen pasien.
4. Risiko hipertensi turun 34 persen.
Selain itu, pola makan nabati terbukti berhubungan dengan penurunan berat badan.
Baca Juga: KFC Luncurkan Menu Burger Vegan di Inggris
Studi itu juga mencatat bahwa diet dan gaya hidup yang lebih sehat menurunkan risiko serangan jantung sebesar 81-94 persen, sementara obat-obatan hanya dapat menurunkan risiko ini sebesar 20-30 persen.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Neymar Dipastikan Absen di Piala Dunia 2026, Kesalahan Pertama Ancelotti
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?