Health / parenting
Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Ilustrasi anak perempuan. (Unsplash/rahmani KRESNA)

Suara.com - Sejak 2012, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan setiap tanggal 11 Oktober sebagai Hari Anak Perempuan International atau International Day of Girl Child.

Mengingat tidak ada hari khusus untuk anak laki-laki, tentu kita semua bertanya-tanya, mengapa hanya anak perempuan yang dibuatkan hari spesial?

Dilansir dari situs UNICEF USA, Hari Anak Perempuan International dijadikan sebagai momen khusus agar setiap lapisan masyarakat bisa fokus terhadap masalah yang dialami anak perempuan di seluruh dunia.

Salah satu masalah terbesar yang mereka alami ialah kekerasan. Kondisi ini sangat memprihatinkan dan menjadi salah satu masalah yang terus disorot oleh berbagai pihak.

Baca Juga: Dear Ayah, Ini Cara Bonding dengan Anak Perempuan yang Beranjak Remaja

Terkait mengenai anak perempuan, mereka dilahirkan oleh sejumlah keistimewaan. Ada sejumlah fakta ilmiah mengejutkan mengenai anak perempuan, yang mungkin tidak Anda ketahui. Berikut daftarnya seperti dilansir dari Cafe Mom.

1. Mereka dikaruniai banyak kosa kata daripada anak laki-laki
Anak perempuan secara alami lebih cerewet. Sementara anak laki-laki dan perempuan mengucapkan kata pertama mereka sekitar ulang tahun pertama, anak perempuan biasanya akan memiliki lebih banyak kosa kata pada usia 16 bulan daripada anak laki-laki. Anak perempuan juga menjadi yang pertama mencapai 300 kosa kata.

2. Mereka tahu bagaimana perasaan Anda
Setelah meninjau lebih dari 100 studi, para peneliti menyimpulkan bahwa anak perempuan, bahkan pada masa bayi, lebih baik dalam mencari tahu emosi orang berdasarkan ekspresi wajah mereka. Mereka juga mengenali wajah lebih mudah daripada anak laki-laki.

3. Mereka pendengar yang baik
Anak perempuan Anda, pada kenyataannya, mendengarkan Anda ketika Anda memberi tahu mereka bahwa sudah waktunya untuk bersiap-siap ke sekolah. Menurut penelitian, anak perempuan memiliki pendengaran yang lebih sensitif daripada anak laki-laki sejak lahir, dan kesenjangan semakin besar dengan bertambahnya usia. Pendengaran anak perempuan lebih sensitif terhadap pola bicara, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk mendengar apa yang Anda katakan dan proses verbal mereka berkembang lebih awal sehingga mereka juga memahami dengan lebih baik.

4. Mereka memiliki cita rasa yang lebih baik
Penelitian yang menunjukkan anak perempuan lebih baik dalam mengenali cita rasa daripada anak laki-laki. Meskipun mereka memiliki jumlah cita rasa yang sama dengan anak laki-laki, namun mereka memproses kesan rasa secara berbeda.

Baca Juga: Walau Belum Menstruasi, Anak Perempuan Masih Bisa Hamil

5. Mereka lebih banyak melihat variasi warna merah
Anak perempuan melihat lebih banyak variasi spektrum merah-oranye, berkat gen yang duduk di kromosom X. Para peneliti menemukan anak perempuan memiliki dua salinan kromosom dan anak laki-laki hanya memiliki satu kromosom, yang memungkinkan mereka memiliki kemampuan nyata untuk melihat warna merah.

Komentar