Bimo Aria Fundrika
Rabu, 16 September 2020 | 15:29 WIB
Ilustrasi indera penciuman. (Pixabay)

Suara.com - Gejala virus corona yang kini melanda hampir seluruh dunia masih terus berkembang dan berubah. Terakhir, virus yang pertama kali muncul di Wuhan, China, dilaporkan juga membuat mereka yang terinfeksi kehilangan indera penciuman.

Tapi seperti apa ciri kehilangan indera penciuman bagi mereka yang positif Covid-19? Dilansir dari Times of India, Divya Singh, yang baru saja pulih dari penularan virus bahwa ia tidak bisa mencium apapun selama 5-6 hari.

Divya mengalami sakit kepala yang mengganggu selama tiga-empat hari yang dia anggap bukan apa-apa. Namun, ketika saudara laki-lakinya dinyatakan positif Covid-19 setelah kehilangan penciuman, dia juga memutuskan untuk melakukan tes sendiri.

Saat laporannya terbukti positif, Divya benar-benar kehilangan penciuman, yang berarti dia tidak bisa mencium apa pun sama sekali.

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Shutterstock)

"Selera saya juga terpengaruh sebagian karena baunya sama sekali, tapi saya masih bisa mendeteksi rasa, meski rasanya tidak terlalu menonjol."

Meski Divya mendapatkan kembali indra penciumannya dalam waktu sekitar 4-5 hari setelah dites negatif untuk COVID-19, saudara laki-lakinya, yang juga dites negatif, belum mendapatkan indra penciumannya kembali.

Sudah 20 hari sejak dia dites negatif untuk COVID-19, tetapi dia masih belum mendapatkan kembali indra penciumannya.

Menjelaskan lebih lanjut tentang gejalanya, Divya menyoroti bahwa selain sakit kepala ringan selama 3-4 hari dan kehilangan penciuman setelah itu, dia tidak mengalami gejala virus lainnya seperti pilek, batuk, pilek atau hidung tersumbat, demam, pernapasan. masalah dll.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan indera penciuman (atau perasa) kembali setelah COVID-19?

Menurut data awal yang diterbitkan dalam American Academy of Otolaryngology-Head and Neck Surgery (AAO-HNS), 27 persen pasien COVID-19 yang mengalami kehilangan penciuman, mengalami perbaikan hanya dalam satu minggu, sementara yang lain merasa lebih baik. dalam rentang waktu 10-15 hari.