Health / konsultasi
M. Reza Sulaiman
Vaksinator menyiapkan vaksin COVID-19 sebelum disuntikkan kepada warga dengan kelompok usia minimmal 18 tahun di GOR Pengadegan, Pancoran, Jakarta, Kamis (10/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Suara.com - Pemerintah membolehkan vaksinasi Covid-19 untuk kelompok umum berusia minimal 18 tahun menjadi berita kesehatan menarik paling populer kemarin, Kamis 10 Juni 2021.

Ada juga studi tentang keamanan vaksinasi bagi pasien autoimun hingga kata dokter Zaidul Akbar soal asam urat.

Simak rangkuman berita kesehatan terpopuler lainnya dari Suara.com, berikut ini:

1. Kurma dan Tempe Bisa Sebabkan Asam Urat? Ini Kata Dokter Zaidul Akbar

Baca Juga: Jokowi Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Vaksinasi Massal di Jawa Tengah

Ilustrasi kurma. (Pixabay/Rawpixel)

Asam urat jadi salah satu penyakit yang kerap dikeluhkan banyak orang, karena membuat penderitnya kerap kesulitan berjalan dan beraktivitas.

Perlu diingat, asam urat kondisi adalah yang disebabkan tingginya kadar kristal asam di persendian, yang dipicu makanan tinggi kolesterol. Apa komentar dokter Zaidul Akbar seputar hal ini?

Baca selengkapnya

2. Pemprov DKI Mulai Jalankan Vaksinasi Usia 18 Tahun ke Atas, Syaratnya Mudah!

Vaksinasi warga usia 18 tahun ke atas di GOR Pengadegan, Pancoran, Jakarta, Kamis (10/6/2021). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai menjalankan program vaksinasi usia 18 tahun ke atas sejak Rabu (9/6/2021). Persyaratan untuk mengikuti vaksinasi ini pun tidaklah sulit.

Baca Juga: Kasus COVID-19 di Abu Dhabi Naik, Ke Mal dan Restoran Kini Wajib Sudah Vaksinasi

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, persyaratan penerima vaksin hanya perlu membawa KTP atau surat domisili saja.

Baca selengkapnya

3. Bagi Pasien Autoimun, Amankah Disuntik Vaksin Covid-19? Simak Studi Berikut

Ilustrasi Vaksin Gotong Royong. (Dok: Mayora Group)

Bagi orang dengan kondisi autoimun mungkin bertanya-tanya bagaimana vaksin Covid-19 bekerja pada mereka. Apalagi bagi mereka yang menginsumsi obat-obatan. 

Penyakit autoimun bisa meliputi rheumatoid arthritis (RA), arthritis psoriatik, spondylitis aksial, lupus, dan vaskulitis. 

Baca selengkapnya

4. Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan

Ilustrasi anak dan orangtuanya. (Shutterstock)

Memiliki anak cerdas tentunya harapan semua orangtua. Untuk itu, orangtua perlu tahu bagaimana cara mendidik anak agar bisa cerdas dengan masa depan yang gemilang.

Dilansir dari Inc.com, ada lima cara yang dapat orangtua lakukan agar anak bisa tumbuh dengan cerdas. Apa saja?

Baca selengkapnya

5. Pasien Diabetes dengan Gangguan Tidur Berisiko Tinggi Meninggal Dunia

Kurang Tidur, gangguan tidur, imsonia. (Shutterstock)

Sebuah penelitian yang melibatkan hampir setengah juta orang di Inggris menunjukkan orang yang menderita diabetes dan memiliki masalah gangguan tidur, lebih berisiko tinggi meninggal dunia.

Para peneliti dan berafiliasi dengan University of Surrey dan Northwestern University menerbitkan temuannya dalam Journal of Sleep Research, yang berdasarkan data dari Biobank Inggris.

Baca selengkapnya

Komentar