Suara.com - Tekanan darah tinggi merupakan kondisi ketika kekuatan darah yang tinggi terhadap dinding arteri Anda. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya.
Sayangnya, tekanan darah tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala sampai mengakibatkan masalah kesehatan serius. Karena itu, tekanan darah tinggi sering disebut sebagai "silent killer".
Menurut NHS, banyak orang tidak sadar menderita tekanan darah tinggi. Tapi, salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah mengubah gaya hidup atau mengonsumsi minuman dan makanan tertentu.
Blood Pressure UK mengatakan ada minuman merah yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi, yakni jus tomat.
Karena dilansir dari Express, jus tomat memiliki kandungan potasium. Kalium adalah mineral yang memiliki banyak fungsi penting dalam tubuh Anda.
Makanan atau minuman yang memiliki kandungan ini bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Mineral berperan dalam berapa banyak cairan yang disimpan dalam tubuh Anda serta berapa banyak yang disimpan.
Jika tubuh Anda menahan air, ini akan menghasilkan lebih banyak cairan dalam darah Anda.
Kemudian, kondisi ini memberi lebih banyak tekanan pada dinding arteri Anda, yang meningkatkan tekanan darah Anda.
Baca Juga: Studi: Satu Tetes Virus Corona ke Hidung Bisa Buat Orang Sehat Jadi Sakit Covid-19
Bila Anda ingin menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh, Anda membutuhkan keseimbangan yang baik antara natrium dan kalium.
Namun, terlalu banyak natrium meningkatkan tekanan darah Anda dan membuat Anda menahan air.
Konsumsi makanan tinggi potasium bisa mengembalikan keseimbangan yang rapuh dan mendukung ginjal Anda bekerja dengan baik dan menurunkan tekanan darah.
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food Science & Nutrition, menemukan bahwa jus tomat bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.
Berita Terkait
Terpopuler
- Tak Terima Ditahan KPK, Titin Rita Lestari Bongkar Peran Atasan di Kasus Suap BPK Muara Enim
- Anaknya Terlibat di Program MBG, Wamenaker Afriansyah Noor Beri Penjelasan Usai Namanya Terseret
- Tak Ikut Aksi Bareng Mahasiswa di Bundaran HI Hari Ini, Said Iqbal Ungkap Alasan Buruh
- Indonesia Sudah Capek! Mahasiswa UI Serukan Demo di Bundaran HI, Tuntut Prabowo Akui Kesalahan
- Peluang Baru Terbuka, Kehidupan 4 Shio Ini Diprediksi Semakin Membaik Mulai 10 Juni 2026
Pilihan
-
Thamrin Lumpuh Total, Massa Aksi Mengular hingga Dukuh Atas Hingga Jumat Malam
-
Ngotot Mau Demo di Bundaran HI Meski Dihadang Aparat, Mahasiswa: Istana dan DPR Tak Mendengar Kami!
-
'Kalau Semua Diam, Siapa yang Akan Bicara?' Alasan Zaskia Adya Mecca Dukung Aksi Mahasiswa
-
Silakan Tabrak Kami! Polisi Tantang Massa Mahasiswa UI yang Nekat ke Bundaran HI
-
Mahasiswa Belum Muncul, Begini Kondisi Terkini Bundaran HI Jelang Aksi 12 Juni
Terkini
-
Anak Sering Ruam atau Diare Setelah Minum Susu? Bisa Jadi Tanda Alergi Susu Sapi
-
Metoo Hadirkan Senyum di Tengah Mobilitas Jakarta lewat Aktivasi Interaktif di CSW
-
Dorong Pola Makan Seimbang, Konsumsi Buah dan Sayur Masih Jadi Tantangan di Indonesia
-
Saat Lambung Mulai Sensitif, Ini Pilihan Makanan yang Lebih Ramah di Perut
-
Quinn Salman Selalu Sempatkan Waktu Bermain Bersama Keluarga, Ternyata Manfaatnya Bagus Banget?
-
Mobilitas Tinggi Bikin Kulit Lebih Rentan Terpapar Kuman, Kapan Perlu Antiseptik?
-
Ancaman Tak Terlihat bagi Lingkungan Perairan: Residu Antidepresan Meningkat di Sungai
-
Layanan Ortopedi Dalam Negeri Kian Dekat dengan Standar Internasional
-
Pengembangan Vaksin Dalam Negeri Kian Maju, Perlindungan terhadap HPV Jadi Fokus
-
Mikroplastik Ada di Makanan, Minuman, hingga Udara: Seberapa Besar Risikonya bagi Kesehatan?