Health / women
Vania Rossa | Lilis Varwati
Bersama Kuda Poni, Begini Potret Ratu Elizabeth Saat Ulang Tahun ke-96 (Dok: Instagram/theroyalfamily)

Suara.com - Ratu Elizabeth telah menjadi pemimpin di Kerajaan Inggris selama lebih dari 70 tahun. Selama itu, ia hanya kerap dikabarkan alami sakit ringan.

Bahkan saat terinfeksi Covid-19 tahun lalu, ratu yang kini berusia 96 tahun itu hanya mengalami gejala ringan dan melakukan isolasi mandiri di kediamannya.

Salah satu rahasia sehatnya itu dikabarkan karena hobi olahraga berkuda yang telah ditekuni Ratu Elizabeth sejak berusia 4 tahun. Ia baru benar-benar berhenti berkuda pada akhir tahun 2021 karena masalah ketidaknyamanan, seperti diberitakan oleh The Sun.

Menunggang kuda memang memberikan banyak manfaat kesehatan. Dr. Mosley di podcast kesehatan berbasis di Inggris, Just One Thing, menjelaskan bahwa dalam berkuda dibutuhkan keseimbangan dan perlu menggunakan otot inti.

Baca Juga: Meghan Markle Ungkap Bagaimana Archie Hampir Memiliki Nama yang Berbeda

Apabila dilakukan terus menerus, aktivitas itu akan memperkuat tubuh dan juga mencegah cedera.

"Menunggang kuda adalah latihan seluruh tubuh, membantu meningkatkan keseimbangan dan memperbaiki postur. Itulah mengapa postur Ratu selalu sempurna," kata Mosley, dikutip dari Hello Magazine.

Keseimbangan tubuh manusia bisa semakin berkurang seiring bertambahnya usia. Menurut Mosley, biasanya keseimbangan itu mulai menurun saat usia 40-50 tahun. Dengan berkuda, Ratu Elizabeth bisa mempertahankan keseimbangan tubuhnya hingga saat ini.

Mosley menjelaskan, keseimbangan tubuh yang terjaga bisa mencegah dari risiko cedera akibat jatuh. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa cedera saat jatuh jadi penyebab kedua kematian akibat kecelakaan di seluruh dunia.

Manfaat kesehatan lainnya dari menunggang kuda termasuk koordinasi organ tubuh jadi lebih baik, ditambah pengencangan dan kekuatan otot. Menunggang kuda juga dapat meningkatkan kelenturan karena otot-otot tubuh tetap rileks.

Baca Juga: Selain Gejala Mirip Pilek, Ratu Elizabeth II juga Merasa Kelelahan Selama Terinfeksi Covid-19

"Menunggang kuda juga membakar kalori untuk membantu menjaga berat badan yang sehat dan memungkinkan pengendara untuk mendapatkan cukup harian udara segar," imbuh Mosley.

Ratu Elizabeth dikabarkan tidak lagi menunggang kuda sejak Oktober 2021, sehingga mobilitasnya menurun. Sejak itu, Ratu dikabarkan menggunakan kursi roda untuk bergerak.

Komentar

terkini