Suara.com - Kulit wajah yang sehat tanpa jerawat tak hanya melulu bergantung pada perawatan mahal. Kulit wajah yang sehat juga dipengaruhi oleh apa yang Anda makan.
Ahli gizi dan spesialis kulit, Karen Fischer seperti dilansir Daily Mail, menyebutkan bahwa makanan yang tepat dapat memasok nutrisi yang dibutuhkan kulit untuk memproduksi kolagen yang dapat melawan penuaan sehingga wajah pun tampak lebih sehat dan awet muda.
Salah satu nutrisi yang juga harus dipertimbangkan untuk dikonsumsi adalah susu. Susu selama ini dikenal sebagai minuman yang menyehatkan. Namun, sebuah penelitian pada 2007 silam, mengungkap efek buruk yang ditimbulkan saat konsumsi susu berlebihan.
Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health pada 2007 lalu, menunjukkan susu dapat memicu jerawat.
Penelitian itu menunjukkan,responden perempuan yang mengonsumsi susu skim mengalami jerawat parah di bagian wajah, dan 44 persen di antaranya berpotensi menimbulkan bekas. Para peneliti memperkirakan bahwa proses pengolahan susu bisa mempengaruhi kadar hormon perempuan yang mengonsumsinya.
Sementara itu, penelitian yang diterbitkan dalam journal of American Academy of Dermatology 2012 silam, menemukan peningkatan risiko jerawat sedang hingga parah seiring dengan peningkatan konsumsi susu pada perempuan.
"Penelitian kami menunjukkan hubungan yang lebih kuat terlihat bahwa susu skim berpotensi menimbulkan jerawat jika dikonsumsi secara teratur dibandingkan dengan susu berlemak utuh," kata tim peneliti.
Melihat temuan ini, pakar dermatologi, Sam Bunting, menyarankan untuk membatasi konsumsi susu skim jika tak ingin wajahnya berjerawat. (dailymail)
Berita Terkait
Terpopuler
- 10 Pantangan Feng Shui Rumah yang Sebaiknya Dihindari, dari Pintu hingga Kamar Mandi
- 3 HP Xiaomi RAM 8 GB Murah di Bawah Rp1 Juta, Ini Pilihannya
- 4 Rekomendasi Merk Rice Cooker yang Awet dan Bagus untuk Pemakaian Jangka Panjang
- Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
- Feng Shui Rumah Menghadap Utara, Lakukan 4 Tips Ini agar Energi Seimbang dan Bawa Hoki
Pilihan
-
Sudah Dibangun Sejak 2023, Sejauh Mana Bibit Sriwijaya Kemampo Pulihkan Hutan Sumsel?
-
Napak Tilas Jejak Kolonial Londo Ireng di Makam Kherkof Purworejo
-
100 Personel Damkar Masih Berjibaku Padamkan Kebakaran Gedung Bapenda DKI
-
Kantor Bapenda DKI Jakarta Dilalap si Jago Merah, Api Semakin Membesar
-
Bocoran Reshuffle Kabinet Agustus: Norman Joesoef Bakal Dilantik Jadi Wamenhan RI
Terkini
-
Karhutla Sumsel Mencapai 1.926 Hektare, Ancaman Besarnya Justru Setelah Api Padam
-
Karhutla Sumsel Tembus 664,97 Hektare, 1.077 Kejadian Tercatat hingga Agustus
-
Bank Sumsel Babel dan Kodam II/Sriwijaya Perkuat Akses Layanan Keuangan Prajurit
-
Menteri Kebudayaan Fadli Zon Beberkan Alasan Geser Konser GBN dari Kota Tua ke Kabupaten Bogor
-
Polrestabes Bandung: Sopir Truk Jadi Tersangka Tabrak Lari yang Tewaskan Polisi
-
Cara Dapat Diskon Tiket Gaia Music Festival 2026 Pakai BRImo
-
Beli Produk Nespresso Pakai BRI Bisa Hemat Rp750 Ribu
-
InJourney & Garuda Indonesia Kolaborasi: Gratiskan 170.845 Tiket Domestik Bagi Wisatawan Mancanegara
-
InJourney & Garuda Indonesia Perkuat Konektivitas dan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia
-
Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar