Ilustrasi ketiak lelaki. (Shutterstock)

Suara.com - Banyak lelaki enggan menghilangkan bulu ketiaknya, baik dengan cara mencukur atau waxing, dengan alasan takut dianggap tak macho. Padahal, kalau bulu ketiak sudah terlampau panjang, bahkan sampai keluar lengan, hukumnya jadi wajib untuk merapikannya, bahkan mencukur.

Nah, buat kaum lelaki yang berniat merapikan bulu ketiak untuk pertama kalinya, jangan sembarang mencukur atau mencabut bulu ketiak ya. Pasalnya, bulu ketiak lelaki cenderung lebih lebat dan kasar, sehingga kalau dilakukan pencukuran atau pencabutan sembarangan, berpotensi besar terjadi infeksi di kulit ketiak, yang ditandai dengan munculnya benjolan kemerahan yang terasa sakit, mirip jerawat.

Dilansir dari Men's Health, ikuti 4 tips untuk merapikan rambut ketiak yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

1. Potong bulu ketiak. Iya, meski kamu berniat untuk mencukur habis bulu ketiak, akan lebih baik jika kamu memotongnya terlebih dahulu. Tujuannya untuk mempermudah proses pencukuran.

2. Eksfoliasi kulit ketiak sebelum mencukur. Ini berguna untuk menghindari terjadinya ingrown hair atau rambut yang tumbuh ke dalam pasca pencukuran, serta menghilangkan sel-sel kulit mati dan bakteri. Dengan begitu, hasil pencukuran akan lebih halus dan meminimalkan risiko infeksi.

3. Basahi kulit sebelum mencukur, dan disarankan menggunakan air hangat. Air hangat dapat melembutkan rambut dan mengurangi risiko tertariknya bulu ketiak dengan keras. Setelah proses pencukuran, gunakan after shave agar kulit lembap.

4. Berbeda dengan jenggot yang arah tumbuhnya sama, bulu ketiak tumbuh ke berbagai arah yang berbeda, jadi lakukan gerakan mencukur ke samping, ke atas dan ke bawah secara perlahan untuk memastikan semua area tercukur rapi.