Lifestyle / komunitas
Vania Rossa
Tanaman Sayuran yang Bisa Dibudidayakan di Rumah. (Shutterstock)

Suara.com - Tren memelihara tanaman tengah menanjak beberapa tahun ke belakang. Hal ini ditambah dengan situasi pandemi yang membuat banyak orang mengisi waktu luang dengan berkebun atau mengurus tanaman. Selain tanaman hias dan bunga yang menjadi primadona, beberapa orang mulai melakukan metode urban farming di rumah masing-masing, dengan menanam aneka tanaman sayuran yang bisa dikonsumsi sehari-hari.

Selain menjadi hobi dan mengisi waktu luang, menanam sayur dan buah di rumah tentunya menjadi upaya untuk menghemat pengeluaran belanja bahan makanan yang harganya fluktuatif.

Jika Anda ingin memulai gaya hidup baru ini, Dekoruma punya tujuh rekomendasi tanaman sayur yang bisa dibudidayakan di rumah berikut ini.

1. Cabai
Salah satu bahan makanan yang tidak bisa lepas dari masyarakat Indonesia adalah cabai. Cabai sudah menjadi bagian integral dalam konsumsi pangan. Cabai pun terdiri dari berbagai jenis dan fungsi.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Tanaman Apotek Hidup ini Bermanfaat Bagi Kesehatan

Cabai rawit hijau untuk dimakan bersama gorengan, cabai rawit merah, dan cabai merah besar untuk sambal. Apapun kebutuhannya, menanam cabai di rumah bisa dikatakan relatif mudah. Ambil biji cabai dan keringkan.

Setelah itu, Anda bisa memilih untuk ditanam di polybag, pot, atau langsung di tanah. Di manapun media tanamnya, pastikan ada ruang yang cukup untuk cabai tumbuh berbuah lebat. Sirami setiap hari untuk pertumbuhan yang optimal.

2. Kangkung
Kangkung termasuk satu dari sekian banyak jenis sayuran favorit masyarakat Indonesia. Kangkung dapat diolah ke dalam berbagai bentuk hidangan, di antaranya yang paling favorit adalah tumis kangkung dengan terasi atau bawang putih.

Harga kangkung memang relatif terjangkau di pasaran, namun bila bisa menanam sendiri, kenapa tidak? Pastikan media tanamnya subur dan tempatkan benih kangkung dalam lubang berkedalaman 5 cm.

Setelah itu, Anda tinggal menyiramnya dengan rutin. Jika menanam lebih dari satu tanaman, berikan jarak yang memadai supaya pertumbuhannya optimal.

Baca Juga: 4 Cara Praktis Menanam Kol di Polybag, Anti Ribet!

Selain melalui media tanah, kangkung juga merupakan salah satu tanaman yang relatif mudah untuk ditanam secara hidroponik. Sebab, kangkung adalah tanaman yang menyukai air.

Komentar