Lifestyle / komunitas
Bimo Aria Fundrika
Terkenal Sebagai Perantau, Platform Ini Jadi Tempat Masyarakat Sumbar Bertukar Kabar. (Dok: Istimewa)

Suara.com - Sumatera Barat menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Wilayah yang terkenal dengan wisata Danau Singkarak, Jam Gadang, hingga Danau Maninjau itu juga terkenal dengan Suku Minangkabau yang kerap memiliki budaya merantau. 

Hal tersebut dapat dilihat dengan banyaknya rumah makan padang di seluruh wilayah Indonesia.

Situasi itu, kerap membuat perantau dari Minangkabau rindu akan kampung halamannya. Tapi, kini ada cara untuk bisa mengobati kerinduan tersebut dengan informasi seputar Sumatera Barat melalui infominang.id

Terkenal Sebagai Perantau, Platform Ini Jadi Tempat Masyarakat Sumbar Bertukar Kabar. (Dok: Istimewa)

"Tujuannya sebagai wadah bertukar informasi kejadian yang terjadi di wilayah Sumatera Barat khususnya, serta memperkenalkan wilayah Sumatera Barat kepada masyarakat luar," ucap pemilik akun infominang.id, Hendro Mardika.

Baca Juga: Mahyeldi Pastikan Tarif PCR di Sumbar Paling Tinggi Rp 300 Ribu

Hendro mengatakan bahwa platform tersebut secara berkala mengupdate informasi dan kabar terkini melalui akun Instagram. Pemilihan media sosial dilakukan karena mengikuti trend yang sedang beredar di masyarakat. 

"Kami mengemas beberapa informasi tersebut secara cepat dan menarik melalui media sosial agar mudah dijangkau dan didapatkan kalangan seluruh lapisan masyarakat," kata dia. 

Ia mengatakan bahwa beberapa follower juga secara langsung ikut berkontribusi dalam penyampaian berita yang terjadi di daerahnya masing-masing. Informasi tersebut dapat disebarkan dengan cepat karena menggunakan media sosial. Penyebaran informasi yang cepat secara langsung membuat peristiwa tersebut dapat ditangani dengan cepat pula oleh pihak berwenang.

Selain informasi peristiwa dan kejadian, platform ini selalu mengupdate berita mengenai kemacetan lalu lintas yang terjadi akibat rusaknya jalan atau jalan ditutup. Hal tersebut tentu membantu pengguna jalan yang akan melewati jalan untuk mencari jalan alternatif lain agar dapat sampai tujuan dengan selamat dan tepat waktu.

Keberadaan platform tersebut juga sebagai pengobat rindu bagi masyarakat Sumatera Barat yang sedang merantau ke wilayah lain. Berbagai informasi dan peristiwa yang dibagikan di platform itu dapat diakses oleh siapa pun tanpa terbatas lokasi dan waktu. Hal ini sangat membantu perantau untuk mengupdate informasi tentang Sumatera Barat. Kabar dari tanah kelahiran tentu dapat mengobati rasa rindu perantau kepada kampung halaman di Sumatera Barat.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Optimis Gerakan Sumdarsin Lebihi Target

"Kami juga memberikan kabar terkini kepada saudara kami yang merantau mengenai peristiwa dan perkembangan kampung halaman tercinta," terang sosok pencetus akun tersebut.

Komentar