News / sport
Esti Utami
Michaels Phelps (Foto: shutterstock)

Suara.com - Michael Phelps akan kembali berlaga, setelah memutuskan mundur sejak Olimpiade London 2012. Langkah awal untuk mengakhiri 'masa pensiunnya' kemungkinan adalah  Olimpiade Rio de Janeiro 2016. Sebelumnya, peraih 22 medali Olimpiade, akan melakukan pemanasan di sebuah kejuaraan di Mesa, Arizona pada 24-26 April mendatang.

Pelatih Phelps, Bob Bowman, mengatakan anak asuhnya akan mengikuti tiga nomor yakni 50 meter gaya bebas, 100 meter gaya bebas dan 100 meter gaya kupu-kupu.

"Saya pikir ia hanya akan mengetes sedikit untuk melihat bagaimana hasilnya. Saya belum bisa menyebutnya benar-benar cameback," ujar Bowman dalam sebuah wawancara melalui telepon dengan kantor berita AFP.

Phelps mulai kembali berlatih musim gugur lalu, dan telah menjalani tes antidoping. Ia telah melewati masa enam bulan yang ditetapkan Badan Anti-doping AS untuk bisa kembali berkompetisi.

Bowman menambahkan, Phelps belum mencapai prestasi puncaknya. Dia hanya memastikan Phelps berlatih keras lima hari seminggu di bawah asuhannya di North Baltimore Aquatic Club.

"Ia mulai membaik sejak September, ia terus berusaha dan sejauh ini tidak mengecewakan. Ia kini dalam kondisi bagus untuk kembali bertanding," lanjut Bowman.

Phelps yang akan genap berumur 29 tahun, bulan Juni ini merupakan salah satu perenang terbaik dunia. Ia meraih 18 medali emas dari tiga olimpiade yang diikutinya. Di Olimpiade Beijing 2008, Phelps berhasil mengungguli rekor Mark Spitz dengan memenangi 8 medali emas sekaligus. Sebelumnya, Phelps mengatakan tidak akan kembali ke kolam renang hingga ia berumur 30 tahun.

"Ia benar-benar melakukan ini karena menginginkannya, dan tak ada paksaan untuk ini semua," tegas Bowman yang sudah lama melatih Phelps.  (Sumber: Huffington Post)

terkini