Pebriansyah Ariefana
Minggu, 09 Februari 2020 | 06:40 WIB
Sekretaris BPN Prabowo-Subianto Hanafi Rais. (Suara.com/Ria Rizki)

Suara.com - Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Mulfachri Harahap mengatakan akan maju bersama putra Amien Rais, Hanafi Rais, menjadi Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal PAN periode 2020—2025. Dia mengklaim didukung Amien Rais, yang juga pendiri PAN.

Hal itu dia umumkan kepada awak media saat menyerahkan berkas persyaratan Calon Ketua Umum PAN di Sekretariat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

"Untuk pertama kalinya kami memulai sebuah tradisi baru, dan saya kira ini baik ke depan. Jadi, saya maju langsung berpasangan dengan Hanafi Rais," ujar Mulfachri.

Mengenakan kemeja cokelat bermotif kotak-kotak dengan rompi berwarna biru dongker, Wakil Ketua Komisi III DPR RI itu datang ke Sekretariat DPP PAN sekitar pukul 18.00 WIB.

Namun, dia tidak mengajak serta Hanafi Rais dalam kesempatan tersebut. Mulfachri mengatakan bahwa pilihan maju bersama Ketua Fraksi PAN DPR RI itu sudah menjawab pertanyaan banyak orang tentang ke mana arah dukungan Ketua Dewan Pengarah yang notabene pendiri PAN Amien Rais.

"Saya kira itu sudah menjawab kira-kira dukungan Pak Amien kepada saya seperti itu," ujar Mulfachri.

Ia mengatakan bahwa dukungan Amien Rais kepadanya sangat rasional dan melalui sebuah diskursus yang panjang dan mendalam.

"Jadi, tidak ujuk-ujuk Pak Amien mendukung saya," kata Mulfachri.

Ia pun bercerita bagaimana proses saat mengajak Amien Rais mendukungnya maju menjadi Caketum PAN berikutnya.

"Saya datang ke tempat Pak Amien, saya sampaikan, katakanlah, semacam proposal. Di situ saya jelaskan situasi PAN hari ini, dan saya sampaikan juga ke depan PAN itu baiknya seperti apa," kata Mulfachri.

Amien Rais kemudian menjawab proposal yang diberikan Mulfachri 2—3 minggu dari pertemuan itu.

"Pak Amien mengatakan bismillah, silakan maju. Insyaallah, akan saya dukung," kata Mulfachri menirukan ucapan Amien Rais kepadanya.

Mulfachri adalah kandidat calon ketua uum ketiga yang menyerahkan berkas pendaftaran dirinya pada hari Sabtu ke Sekretariat DPP PAN setelah Asman Abnur dan Drajad Wibowo. Menurut Sekretaris Panitia Pengarah (Steering Committee/SC) Kongres PAN V Saleh Partaonan Daulay ada satu calon lagi, yaitu Ketua Umum Petahana PAN Zulkifli Hasan yang kemungkinan akan mendaftarkan dirinya di Kendari.