Bangun Santoso | Ria Rizki Nirmala Sari
Jum'at, 24 Juli 2020 | 06:45 WIB
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais dalam seminar di DPR RI, Selasa (3/9/2019). [Suara.com/Novian Ardiansyah]

Suara.com - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menjawab kabar jika tokoh senior Amien Rais telah dipecat dari partai berlambang matahari tersebut. Dikenal sebagai tokoh reformasi, menurutnya tidak mungkin Amien ditendang dari jajaran petinggi partai.

Viva mengungkapkan kalau sosok Amien Rais itu tidak bisa lepas dari PAN. Sebab mantan Ketua MPR tersebut lah yang membangun partai pada 1999.

"Mana mungkin pak Amien Rais dikeluarkan dari PAN? Pak Amien adalah tokoh reformasi, salah satu pendiri PAN, pernah menjadi ketua umum PAN, dan menjadi personifikasi bahwa PAN itu Amien Rais, Amien Rais itu PAN," ujar Viva dalam keterangan tertulisnya.

Viva menjelaskan, kiprah Amien Rais membesarkan PAN sampai akhirnya bisa menjadi partai pemerintah. Bahkan setiap periodisasi kepresidenan, selalu ada kader PAN masuk kabinet sebagai menteri.

Perjalanan PAN menjadi salah satu partai pemerintah ialah mulai pada masa Presiden ke-4 RI Abdurahman Wahid dan Wakil Presiden Megawati Sukarnoputri. Saat itu ada dua kader PAN yang menjadi menteri yakni Menteri Tenaga Kerja Al Hilal Hamdi dan Menteri Negara urusan Hak Asasi Manusia Hasballah M Saad.

Hanya saja PAN tidak masuk ke dalam kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin saat ini. Periode ini lah pertama kalinya PAN menjadi oposisi.

Meskipun beberapa kali dikabarkan DPP PAN melakukan pertemuan dengan Jokowi, namun Viva membantah hal tersebut membuat Amien hendak mendirikan partai baru.

"Sampai hari ini pak Amien Rais masih milik PAN dan saya meragukan jika Pak Amien Rais akan mendirikan partai politik baru," ujarnya.

Lebih lanjut Viva menegaskan tidak ada satu sikap dan pemikiran Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan untuk menendang Amien dari partai. Dengan begitu ia menekankan kalau kabar Amien Rais dikeluarkan dari jajaran pengurus PAN tidak benar adanya.

"Tentu saja juga tidak ada kebijakan pengurus DPP PAN yang menghendaki pak Amien Rais keluar dari PAN. Kalau ada berita yang menyatakan bahwa pak Amien Rais telah dikeluarkan dari PAN, itu berita tidak benar dan menyesatkan," katanya menambahkan.