News / nasional
Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah
Presiden RI ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) setelah menjalani operasi besar penyakit kanker prostat dalam video seperti dikutip Suara.com, Selasa (23/11/2021).

Suara.com - Presiden RI ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menjalani operasi besar penyakit kanker prostat yang dideritanya. Ia pun turut menyampaikan ucapan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden Maruf Amin hingga Presiden RI kelima Megawati Soekarnoputri.

Awalnya, SBY menyampaikan kondisi kesehatannya usai berhasil menjalani operasi besar terhadap kanker prostat yang dideritanya. SBY menjalani pengobatan di Mayo Clinic, Rochester, Amerika Serikat.

Ia kemudian menyampaikan rasa terima kasihnya terhadap pihak-pihak yang memberikan bantuan hingga doa terkait pengobatannya.

"Secara khusus, saya menyampaikan ucapan terima kasih yang tidak terhingga kepada Bapak Presiden Jokowi dan Bapak Wakil Presiden Ma'ruf Amin atas kepedulian perhatian dan bantuannya untuk kelancaran pengobatan saya di Amerika Serikat," kata SBY dalam video seperti dikutip Suara.com, Selasa (23/11/2021).

Baca Juga: Blak-blakan SBY soal Kondisi Terbaru usai Jalani Operasi Kanker

Kemudian, SBY juga turut mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan yang juga Presiden RI ke-5 Megawati.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, presiden kelima Indonesia terima atas perhatian dan kepedulian dan doa apa itu beliau terhadap apa yang saya alami sekarang ini," ungkapnya.

Selain Mega, SBY juga menyebut nama dua wakilnya kala menjabat sebagai presiden yakni, Jusuf Kalla dan Boediono. Kedua disebut SBY turut memberikan dukungan dan doanya.

SBY menjelaskan, pasca operasi besar yang ia jalani tidak akan langsung kembali ke tanah air. Menurutnya, ia akan menjalani recovery untuk sementara waktu di Amerika Serikat.

"Saya masih akan berada di Amerika Serikat, ada saatnya segera kembali ke tanah air," katanya.

Baca Juga: Pasca Operasi Besar Pengangkatan Sel Kanker, Begini Kondisi SBY di Amerika Serikat

Jalani Pengobatan

Komentar