News / internasional
Dany Garjito | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA Viral Video Anak-anak Tiongkok Diwajibkan Pakai Baju Hazmat. (Turnbackhoax.id)

Suara.com - Beredar video dengan narasi anak-anak di Tiongkok diwajibkan untuk menggunakan baju hazmat. Video yang diklaim sebagai anak-anak Tiongkok memakai baju hazmat itu kemudian menjadi viral.

Video tersebut awalnya dibagikan oleh akun TikTok @cinderkon. Akun ini mengunggah video yang memperlihatkan anak-anak sedang berbaris mengenakan kostum berwarna putih.

Dalam narasinya, anak-anak tersebut diklaim sebagai anak-anak Tiongkok. Akun tersebut lantas menyebut jika anak-anak Tiongkok itu diwajibkan mengenakan baju hazmat.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Viral Peti Mati Dibawa Naik Motor, Warga Menjerit Minta Tolong ke Jokowi

LIHAT: Anak-anak di Tiongkok diwajibkan untuk menggunakan baju hazmat.”

CEK FAKTA Viral Video Anak-anak Tiongkok Diwajibkan Pakai Baju Hamzat. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi anak-anak di Tiongkok diwajibkan untuk menggunakan baju hazmat tidak benar.

Faktanya, anak-anak dalam video tersebut tidak mengenakan baju hazmat. Mereka mengenakan kostum astronot berwarna putih yang memang dari kejauhan mirip baju hazmat.

Baca Juga: Bikin Prank Pegang Tangan Orang, Wanita Dapat Perlakuan Gini sampai Berakhir Malu Sendiri

Video asli tersebut ternyata diambil dari media asal Tiongkok CGTN. Media tersbeut mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa anak melakukan parade dengan menggunakan kostum serupa.

Komentar

terkini