News / nasional
Chyntia Sami Bhayangkara
Ilustrasi kuliah, perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS (Freepik)

Suara.com - Ingin kuliah, lalu begitu lulus langsung jadi CPNS? Apakah ada perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS? Ternyata ada, lho!

Jika kamu ingin masuk ke perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS, sekolah kedinasan adalah jawabannya. Sekolah Kedinasan adalah perguruan tinggi yang berada dalam naungan pemerintah, baik lembaga, badan, ataupun kementerian. 

Sekarang ini sudah ada banyak sekolah kedinasan di Indonesia, yang biasanya berada di bawah naungan lembaga atau kementerian. Lulusan sekolah kedinasan atau Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) memang diproyeksikan untuk mengisi formasi pegawai di lembaga atau kementerian yang bersangkutan. Sehingga setelah masuk perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS.

Setelah menyelesaikan pendidikan, maka para alumni sekolah ini bisa langsung mendapatkan tempat di kantor pemerintahan sesuai sekolahnya. Menarik bukan, perguruan tinggi yang lulus langsung jadi CPNS?

Baca Juga: Doa Agar Lulus SNMPTN 2022 dan Waktu yang Tepat untuk Membacanya, Bacalah Secara Rutin dan Sungguh-sungguh!

Di bawah ini ada beberapa Perguruan Tinggi yang lulus langsung jadi CPNS. Mari simak ulasannya sampai habis! Daftar sekolah kedinasan yang aktif membuka pendaftaran antara lain berasal dari:

1. Institut Pemerintah Dalam Negeri (IPDN)

Pada tahun 2021 lalu, IPDN membuka sebanyak 1.164 formasi. Ada banyak pilihan jurusan IPDN yang bisa dipertimbangkan sebelum mendaftarkan diri. Semua jurusan tersebut adalah D4 yang tersebar dalam 3 fakultas, yaitu Fakultas Hukum Tata Kelola Pemerintahan, Fakultas Manajemen Pemerintahan, dan Fakultas Politik Pemerintahan. Lulusan IPDN langsung menjadi CPNS yang mengisi formasi di pemerintahan pusat atau daerah.

2. Politeknik Keuangan Negara STAN

Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan yang mana lulusannya bisa memenuhi syarat untuk bekerja di lingkungan Kemenkeu atau lembaga negara terkait.

Baca Juga: Doa Agar Diterima di Universitas yang Diinginkan, Bacalah Secara Rutin Supaya Keinginanmu Terwujud

Di sekolah ini, tersedia berbagai macam jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, untuk program studinya menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, dan juga Manajemen Keuangan.

Komentar