BJ Habibie, Ainun Habibie [Instagram: @b.jhabibie].

Suara.com - Hobi Presiden ke-3 NKRI BJ Habibie dalam mengoleksi beragam jenis tipe mobil Mercedes-Benz ternyata tidak hanya dilakukan di Indonesia. Melainkan di negara asal produsen otomotif itu, yakni Jerman.

Sebagaimana diketahui, Bapak Teknologi Indonesia--sebagaimana disebutkan oleh Presiden Joko Widodo untuk menyatakan salah satu gelarnya--ini memang memiliki kediaman di Jerman yang kerap dijenguk.

Mobil berpelat khusus milik BJ Habibie [Dok. Aiptu Indra].

Kepemilikan atas Merc atau Mercy--kependekan dari Mercedes-Benz--itu diungkapkan langsung oleh Aiptu Indra, ajudan sekaligus pengemudi pribadi yang telah mendampingi BJ Habibie atau Pak Habibie selama 19 tahun lamanya.

Melalui layar ponsel pintarnya, Aiptu Indra memperlihatkan foto dirinya yang berpose di samping kiri Mercedes-Benz S400 Hybrid yang dibeli Pak Habibie pada 2015.

Selain tertera logo three-pointed star, tampak jelas pelat nomor polisinya, yaitu "M HA521".

Aiptu Indra menuturkan bahwa pelat nomor ini adalah pelat pesanan khusus yang diminta oleh BJ Habibie. Maknanya sungguh mendalam. "M" adalah kode kota di mana keluarga Habibie berdiam, yaitu Muenchen, Jerman. Sedangkan huruf "HA" berarti Habibie - Ainun.

"Kalau 5 itu artinya bulan lima, yaitu Mei, dan 21 adalah tanggal. Jadi 21 Mei 1998 adalah hari pelantikan Eyang menjadi presiden," jelas Aiptu Indra saat ditemui di kediaman BJ Habibie, Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Angka 521 tadi, kata Aiptu Indra, berarti khusus bagi BJ Habibie dalam mengingat tanggal dirinya resmi menjabat sebagai kepala negara. Bahkan angka "521" juga digunakan beliau untuk beberapa mobil Mercedes-Benz koleksinya yang disimpan di garasi kediamannya di Indonesia. Kecuali, koleksi mobil klasik yang memakai nomor lama.

"Eyang memang suka dengan angka 521, karenanya dipakai juga di Mercedes-Benz milik Eyang yang lainnya," tutup Aiptu Indra.

Selamat jalan Eyang dan Bapak Teknologi Indonesia, BJ Habibie.