Otomotif / motor
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Rabu, 01 Juli 2020 | 11:05 WIB
Penerapan konsep BMW Motorrad Connectivity pada BMW C 400 X. Sebagai ilustrasi teknologi sepeda motor [Suara.com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Suara.com - Seiring perkembangan teknologi, sepeda motor saat ini banyak mengadopsi fitur yang terdapat pada mobil. Hal ini juga yang coba diterapkan oleh BMW Motorrad.

Melansir Autoevolution, pembuat motor asal Jerman itu berencana memasang fitur Active Cruise Control (ACC) pada motor bertenaga besar.

"Kami akan segera menawarkan sistem bantuan pengendara jenis ini (active cruise control)," kata BMW Motorrad.

Jaguar perkenalkan teknologi sensor  untuk jarak kendaraan. Sebagai ilustrasi teknologi canggih kendaraan roda empat [YouTube/Carscoops].

Dijelaskan BMW, fitur ACC adalah sistem baru yang telah dikembangkan bersama Bosch. Fitur ini secara otomatis mampu mengatur percepatan di mana motor berjalan berdasarkan kecepatan yang ditetapkan oleh pengendara dan menjaga jarak dengan kendaraan lain yang berada di depannya.

Adapun peran sistem adalah menjaga jarak dari kendaraan yang berada di depan seperti ditetapkan oleh pengendara, lewat tiga mode operasional.

Baca Juga: Asyik, Bosch Kembangkan Dashboard 3D Khusus Sepeda Motor

Untuk menghitung jarak, ACC akan memanfaatkan radar yang dipasang di bagian depan sepeda motor. Radar akan terhubung dengan beberapa sistem lain termasuk rem dan sistem ABS.

"Sistem ini hanya dapat mendeteksi kendaraan yang bergerak. Tidak akan bereaksi terhadap mobil yang berhenti atau lampu lalu lintas," tegas BMW.

Baca Juga: Apa Sebenarnya Fungsi Fitur Cruise Control ?

Menurut perusahaan, sistem baru ini juga dapat secara otomatis mengurangi kecepatan saat motor berada dalam kemiringan tertentu. Sementara di saat yang sama akan berusaha menjaga akselerasi dan perlambatan dalam batas yang bisa ditoleransi.

Namun sayangnya BMW belum membuka keran informasi lebih jauh kapan ACC akan diluncurkan dan di model apa saja akan ditanamkan fitur keren tadi.

Baca Juga: BMW-Motorrad Patenkan Sistem Penggerak Roda Depan Elektronik

Komentar

BACA SELANJUTNYA

Obati Kerinduan pada Sirkuit, Komunitas MOCI Gelar Balap Virtual