Otomotif / mobil
Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Tesla Model X [Shutterstock].

Suara.com - Teknologi mengemudi semi-otonom telah berkembang pesat, tetapi masih jauh dari sempurna dan masih membutuhkan kendali manusia.

Sayangnya, sebuah hal yang jauh dari keselamatan berkendara dilakukan pemilik Tesla. Sebuah tayangan video yang diunggah ke Facebook, pemilik Tesla model X terlihat melompat ke kursi penumpang dan mengambil video saat mobilnya berjalan sendiri.

"Jika Tesla adalah satu-satunya mobil di jalan, maka tidak akan terjadi kecelakaan," kata pengemudi, dikutip dari Carcoops, Jumat (2/10/2020).

Seperti diketahui, Tesla pernah menyampaikan bila sistem autopilot bukan dirancang untuk melepaskan kendali kemudi sepenuhnya. Pemilik diharapkan tetap siaga untuk dapat kendali saat diperlukan.

Baca Juga: Menarik, Tesla Kembangkan Mobil Listrik Rp300 Jutaan

Ilustrasi mobil swakemudi. [Shutterstock]

"Meskipun fitur ini dirancang untuk menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, fitur yang saat ini diaktifkan tidak membuat kendaraan menjadi otonom," kata Tesla.

Awal 2020, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional Amerika Serikat menyalahkan kecelakaan mematikan yang disebabkan oleh pengemudi yang berlebihan mengandalkan sistem autopilot pada Tesla Model X.

"Jika Anda mengendarai mobil dengan sistem bantuan pengemudi yang canggih, tidak berarti Anda memiliki mobil yang dapat mengemudi sendiri," tegas Robert Sumwalt, Ketua NTSB, saat menangani kasus kecelakaan karena sistem autopilot.

Komentar