Otomotif / motor
Cesar Uji Tawakal
Pelatihan mekanik muda Mandalika oleh ITDC. (Dok. Istimewa)

Suara.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata di Indonesia, memulai pelatihan mekanik sepeda motor bagi 18 pemuda sasak terpilih dari enam desa penyangga The Mandalika, Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Lombok NTB yang dikembangkan oleh ITDC.

Pelatihan diselenggarakan oleh ITDC bekerjasama dengan Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) dan Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB sejak hari Rabu (23/6/2021).

Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga mekanik sepeda motor yang terampil dan profesional serta siap pakai.  Tak cuma itu, diharapkan mereka juga bisa membuka usaha perbengkelan motor. Pelatihan akan berlangsung 23-30 Juni 2021 bertempat di Hotel Puri Indah, Mataram.

18 peserta yang merupakan warga dari enam desa penyangga The Mandalika dari Desa Mertak, Desa Rembitan, Desa Prabu, Desa Kuta, Desa Sukadana dan Desa Sengkol ini, terpilih dari 37 pendaftar setelah mengikuti tahapan seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi dan selanjutnya tes tulis dan wawancara pada 19 Juni 2021.

Baca Juga: Viral Aksi Maling Gagal Dapatkan Motor Incarannya, Malah Dapat Hadiah 'Tendangan Si Madun'

Pelaksanaan seleksi berlangsung ketat ditunjukkan dengan hasil skor seleksi yang kompetitif antar peserta. 18 pemuda terpilih tersebut merupakan pemuda dengan hasil skor terbaik dan dinyatakan siap untuk mengikuti pelatihan di kelas selama delapan hari hingga akhir Juni ini.

Pelatihan mekanik muda Mandalika oleh ITDC. (Dok. Istimewa)

Pelatihan akan diisi dengan pembelajaran tatap muka mengenai teori dasar ilmu mekanik antara lain dasar mesin dan sistem bahan bakar, pengetahuan dasar karbulator, sistem kelistrikan, sistem perawatan dan penyetelan pemeliharaan baterai mesin 4 langkah, periksa dan ganti side stand matic, dan praktik.

Materi pembelajaran tersebut disampaikan oleh tenaga pengajar yakni Alan Vikhta, ST dan Sultan Hartawan, ST selaku Technical Instructor dari Astra Motor NTB dan Ir. Lindrawaty Angkawijaya, MM selaku Widyaiswara Dinas Koperasi UKM Provinsi NTB.

“Kami ucapkan selamat kepada para pemuda terpilih yang telah lulus seleksi tes tulis dan wawancara yang diselenggarakan beberapa waktu lalu dan berhak mengikuti pelatihan mekanik ini. Penyaringan berlangsung kompetitif ditunjukkan dengan hasil tes para pemuda yang sangat baik," kata Vice President Corporate Secretary Miranti Nasti Rendranti melalui edaran tertulis.

"Kami juga berterima kasih atas antusiasme para pendaftar lain yang belum berkesempatan untuk mengikuti pelatihan mekanik kali ini. Jangan putus asa.  Kami yakin akan ada peluang lain yang terbuka yang bisa dijadikan kesempatan belajar bagi para pemuda di desa penyangga The Mandalika.”

Baca Juga: Potret Yamaha Mio Berdebu Bikin Publik Heran, Spidometernya Jadi Sorotan

Miranti menambahkan, pemberian pelatihan kepada para pemuda lulusan SMA/SMK dan sederajat ini bertujuan untuk memberikan keterampilan yang nantinya bisa bermanfaat saat para pemuda mulai memasuki dunia kerja.

Komentar

terkini