Otomotif / autoseleb
RR Ukirsari Manggalani
Legenda NBA, Michael Jordan [AFP/Franck Fife].

Suara.com - Nama Bubba Wallace sebagai juara NASCAR Cup Series 2021, Yellowood 500 di Talladega menggema karena lebih dari setengah abad belum ada driver kulit hitam naik podium seperti dirinya. Selain itu, menjadi pencapaian pertama dari tim 23XI Racing yang dimiliki Michael Jordan.

Legenda NBA dengan jersey nomor "23", Michael Jordan ternyata fans berat NASCAR sejak lama. Kekinian, salah satu bentuk investasinya adalah bikin tim balap.

Denny Hamlin, pembalap mobil profesional Amerika menjadi mitra bisnis Michael Jordan dalam membentuk tim 23XI Racing.

Bincang-bincang seputar balap NASCAR bersama Michael Jordan dan Denny Hamlin (seberang), driver NASCAR Cup Series [screenshot Fox Sports].

Dalam sebuah wawancara dengan Fox Sports yang bisa disimak di kanal YouTube, Denny Hamlin menuturkan sekitar 11 tahun silam ia diundang Michael Jordan. Tentu saja sempat terperangah karena tidak menyangka Legenda Basket ini memiliki perhatian besar dalam sport otomotif khas Amerika.

Baca Juga: Nissan Kicks e-Power Termasuk Kategori Mobil Listrik atau Hybrid?

"Ia (Michael Jordan) bertanya strategi apa saja yang digunakan bila turun balap, alasannya apa, dan mengapa memutuskan memakai strategi itu," papar Denny Hamlin, dalam wawancara (21/2/2021).

"Saya langsung balik bertanya tak percaya: Anda nonton balap NASCAR? Michael Jordan tertawa dan menyebutkan tak pernah absen satu minggu pun dari kegiatan nonton balap ini," kisahnya.

Michael Jordan dan Denny Hamlin akhirnya memutuskan untuk membentuk 23XI pada 2020 dan menjadikan Bubba Wallace sebagai driver utama tim.

Legenda NBA Michael Jordan yang terjun di balap NASCAR lewat timnya, 23XI Racing [screenshot Fox Sports].

Pemain basket legendaris ini mengatakan bahwa dirinya belum pernah melihat orang kulit hitam memiliki tim sendiri di dunia balap.

"Saya memikirkan punya tim balap ini berkali-kali, karena belum pernah ketemu ada pemilik tim kulit hitam, atau driver kulit berwarna yang benar-benar memiliki tim balap sendiri atau bisa memberikan keputusan mandiri  soal strategi tim mereka," ujar Michael Jordan dalam wawancara yang sama dengan Denny Hamlin.

Baca Juga: Bubba Wallace Juarai NASCAR, Jadi Driver Kulit Hitam Pertama Setelah 50 Tahun Lebih

"Jelas kami belum bisa mendominasi olah raga ini karena belum mendapatkan kesempatan," tandasnya.

Namun kini, semangat Michael Jordan dalam membesarkan 23XI Racing mulai membuahkan prestasi lewat Bubba Wallace.

Selamat sukses!

Kathy Puteri Utomo

Komentar