Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani
Mercedes-Benz eActros, truk listrik yang siap mengaspal di Eropa dan Nordic mulai musim gugur 2021 [Mercedes-Benz eActros world premiere 2021 via ANTARA].

Suara.com - Pabrik powertrain Mercedes-Benz di Jerman telah memulai produksi komponen utama untuk truk bertenaga listrik, eActros.

Dikutip kantor berita Antara dari pernyataan resmi pada Minggu (17/10/2021), di antara produksi itu termasuk pula gandar listrik dan paket baterai. Adapun lokasi pabrik adalah di Gaggenau, Kassel dan Mannheim.

Komponen-komponen ini akan digunakan untuk produksi truk bertenaga listrik eActros, yang sudah dimulai di pabrik Mercedes-Benz di Wörth sepuluh hari lalu (7/10/20210).

Yaris Pürsün, Head of Global Powertrain Operations Daimler Truck mengungkapkan bahwa peluncuran produksi komponen untuk truk all-electric produksi seri pertama ini sangat penting bagi Mercedes-Benz.

Baca Juga: Herbert Diess Jadikan Elon Musk Pembicara di Konferensi Eksekutif Volkswagen

Di pabrik Mercedes-Benz Mannheim, tampak seorang karyawan merakit unit kontrol baterai [Daimler AG / Daimler Trucks and Buses Communication via ANTARA]

Pasalnya paket baterai, gandar listrik, dan komponen sistem penggerak menjadikan truk eActros sebagai kendaraan berkualitas dari Mercedes-Benz yang akan netral karbon.

Paket baterai untuk eActros diproduksi secara seri terdiri dari enam modul baterai individual. Paket yang dirakit lengkap memiliki panjang hampir 2,20 m, lebar 75 cm, dan tinggi 55 cm.

Namun sebelum modul menjadi bagian dari paket operasional, bagian ini terlebih dahulu dipasang ke rumah logam dan kemudian dihubungkan ke komponen lain seperti busbar, sistem kontrol, dan kabel.

Seluruhnya disambungkan ke set kabel tegangan tinggi, setelah itu lapisan insulasi yang memenuhi standar keamanan tertinggi diterapkan.

Pada langkah terakhir, kotak listrik/elektronik (kotak E/E) dipasang ke rumah logam yang telah dirakit sebelumnya, yang nantinya akan membentuk interface antara baterai dan kendaraan.

Baca Juga: Charles Leclerc vs Carlos Sainz Jr. Balapan Pakai Ferrari SF90 Spider, Siapa Juaranya?

Pabrik Mercedes-Benz di Kassel merakit gandar listrik lengkap, yang terdiri dari jembatan gandar, motor listrik, dan elemen transmisi yang dapat dipindahkan. Poros inti sudah dirakit terlebih dahulu.

Hal itu melibatkan pemasangan hub roda dan cakram rem ke axle bridge. Unit penggerak, termasuk transmisi dua kecepatan, telah dirakit sebelumnya secara paralel. Pabrik Mercedes-Benz di Gaggenau memasok komponen transmisi untuk bagian itu.

Inti teknologi eActros adalah unit penggeraknya, yang terdiri dari poros listrik kuat dengan dua motor listrik terintegrasi dan transmisi dua kecepatan. Konsep ini memiliki banyak keunggulan dibandingkan desain yang melibatkan motor pusat.

Misalnya, desain yang lebih kompak memastikan bahwa ada lebih banyak ruang untuk pemasangan kapasitas baterai tambahan, yang pada gilirannya berdampak positif pada jangkauan kendaraan.

Komentar