Otomotif / mobil
RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ilustrasi mengemudi saat hujan (Envato Elements Envato)

Suara.com - Berkendara di musim hujan terkadang cukup membahayakan. Visibilitas terbatas membuat pandangan pengemudi terhalang, sehingga dibutuhkan beberapa trik supaya bisa melihat tanpa kesulitan saat berada dalam kondisi seperti ini.

Salah satu trik yang dapat digunakan adalah menggunakan cairan water repellent pada beberapa titik seperti kaca depan ataupun spion mobil supaya pandangan tidak terganggu.

Sebagai catatan, water repellent adalah cairan yang memberikan efek daun talas. Sehingga saat hujan tiba, air tidak akan menempel pada permukaan kaca dan langsung mengalir ke bawah.

Ilustrasi daun terkena tetesan air hujan (pixabay.com)

Dikutip dari Wuling Indonesia, inilah tips seputar aplikasi water repellent untuk mengatasi visibilitas terbatas di musim hujan.

Baca Juga: Lewat Single Terbaru "Easy on Me", Adele Ajak Pemirsa Wisata Otomotif

Apa Itu Water Repellent

Cairan yang memberikan efek air tidak menempel di permukaan kaca, langsung mengalir ke bawah.

Berdasarkan fungsi dasarnya, water repellent dapat digunakan untuk semua permukaan mobil, sehingga air hujan dapat langsung turun saat hujan tiba.

Fungsi Water Repellent

Salah satu kendala utama berkendara di musim hujan adalah air hujan yang menempel di kaca mobil sehingga mengganggu pandangan. Tidak hanya di kaca depan, namun air hujan yang menempel pada sisi kiri, kanan dan belakang mobil cukup mengganggu pandangan saat sedang berkendara.

Baca Juga: Nama Terukir di Hollywood Walk of Fame, Ini Mobil James Bond Favorit Daniel Craig

Di sini water repellent berfungsi untuk mencegah air hujan menempel sehingga pandangan menjadi lebih jelas dan berkendara menjadi aman.

Saat water repellent diaplikasikan pada kaca mobil, maka akan terbentuk sebuah lapisan licin pada kaca mobil dan memberikan efek daun talas sehingga air tidak menempel dan langsung turun ke bawah.

Pada kaca depan jelas ini sangat memberikan keuntungan karena wiper dapat bekerja makin maksimal saat menyapu air hujan.

Water repellent juga dapat diaplikasikan pada kaca spion, sehingga terbebas dari air yang menempel selama berkendara di musim hujan.

Kaca spion merupakan salah satu elemen yang sangat penting saat berkendara karena membantu pengemudi melihat objek lain yang berada di sisi belakang mobil.

Kelebihan lain menggunakan water repellent, selain membuat air tidak menempel, juga dapat membuat eksterior lebih mengilap dan kinclong. Selain itu dapat menghambat pertumbuhan jamur pada cat dan kaca mobil.

Cara Menggunakan Water Repellent

Cara menggunakan water repellent ini sebenarnya sangat mudah. Pertama yang harus dilakukan adalah mencuci mobil sampai benar-benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada kaca dan bodi mobil.

Jangan lupa untuk benar benar mengeringkan mobil sampai sisa air dan sabun benar-benar hilang. Ini dimaksudkan supaya water repellent dapat menempel dengan sempurna pada bodi mobil.

Langkah kedua adalah mempersiapkan water repellent dan dua kain lap microfiber. Semprotkan cairan water repellent pada kain lap microfiber yang pertama dan usapkan secara merata pada seluruh kaca dan bodi mobil tanpa terkecuali.

Diamkan sesaat sampai kandungan water repellent menempel dengan sempurna ke kaca dan bodi mobil. Lalu gunakan kain lap microfiber kedua untuk mengeringkan seluruh permukaan bodi dan kaca mobil.

Komentar