Otomotif / motor
Cesar Uji Tawakal
Produsen motor asal Filipina, Lycan. (rideapart.com)

Suara.com - Tenaga kerja bertarif murah dari Filipina membuat negara kepulauan tersebut menjadi incaran produsen motor untuk membuat pabrik baru, antara lain KTM, Kawasaki bahkan CFMoto.

Adanya beberapa pabrik ini tampaknya memantik kebangkitan industri otomotif di negara tersebut.

Dilansir dari Rideapart, negeri tetangga dari Indonesia ini tengah bersiap-siap untuk meluncurkan motor dengan merek Lycan.

Di Asia Tenggara sendiri terdapat beberapa pabrikan rumahan yang semuanya berfokus pada segmen entry-level nan terjangkau, namun hal serupa tak dilakukan oleh Lycan.

Baca Juga: Kendaraan Milik Pemkot Banjar Dilelang dengan Harga Miring, Mulai Rp 200 Ribuan

Perusahaan startup Filipina ini berencana untuk menghasilkan motor gede (moge) yang sarat dengan teknologi terdepan pada awal 2022.

Sebagai referensi, di Filipina, sepeda besar mengacu pada kendaraan roda dua premium, umumnya dengan punya kapasitas mesin lebih besar dari 400cc.

Hal ini dikarenakan adanya aturan di mana hanya sepeda dengan dapur pacu 400cc ke atas yang diizinkan menggunakan jalan bebas hambatan .

Lycan tidak hanya ingin menawarkan akses jalan bebas hambatan kepada pelanggannya. Pabrikan motor baru ini juga ingin meningkatkan pengalaman penggunanya dengan menawarkan keterlibatan yang sangat dipersonalisasi dengan pengguna individu.

Produsen motor asal Filipina, Lycan. (rideapart.com)

Untuk melakukan ini, Lycan mengintegrasikan berbagai sistem kecerdasan buatan ke sepeda untuk memantau beberapa titik data mengenai kesehatan sepeda secara keseluruhan, gaya berkendara pemiliknya, serta kemampuan untuk mempelajari fungsi-fungsi baru.

Baca Juga: Naga Hitam Rampas Motor! Ormas, Ulama dan Pendekar Tuntut Bongkar Tempat Hiburan Malam

Meskipun perusahaan belum merinci semua ini, tentu akan menarik untuk melihat sejauh mana kecanggihan AI pada model-model mendatang ini.

Setelah keluar di pasar, Lycan akan mengadopsi pendekatan yang dibuat berdasarkan pesanan, di mana pembeli yang tertarik dapat masuk ke konfigurator online dan merancang sepeda impian mereka berdasarkan dua template yang tersedia.

Akan ada dua model yang dapat dipilih dalam bentuk G6 dan Challenger 1.

G6 mengambil bentuk sporty, cruiser modern, sedangkan Challenger 1 terlihat seperti sportbike futuristik dengan sedikit gaya cafe racer.

Melalui konfigurator, calon pembeli akan dapat menyesuaikan sepeda motor mereka dengan keinginan mereka, serta menambahkan aksesori dan suku cadang dan cat khusus.

Setelah desain selesai dan disetujui, sepeda akan dirakit sepenuhnya di rumah. Konfigurasi mesin yang tepat untuk sepeda Lycan belum diselesaikan, namun dipastikan bahwa perusahaan belum akan menggunakan powertrain listrik, karena ini belum mencapai arus utama di Filipina.

Dengan demikian, kita dapat mengharapkan untuk melihat ukuran mesin mulai dari sekitar 400cc hingga 650cc, tentu saja, untuk memberikan akses jalan bebas hambatan di segmen premium.

Selain meluncurkan sepeda motor, Lycan juga berupaya mengembangkan helm pintar yang mampu berintegrasi dengan sistem AI sepeda.

Komentar