Press Release / pressrelease
Bimo Aria Fundrika
Pembangunan pabrik terbaru PT Mowilex Indonesia yang hampir selesai, diharapkan dapat mengurangi emisi CO2 sekitar 7 persen. (Dok: Istimewa)

Suara.com - Isu perubahan iklim menjadi makin sering terdengar dalam beberapa waktu belakangan. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal mulai dari jejak karbon, hingga kerusakan lingkungan dari bahan kimia berbahaya.

Meski demikian, sejumlah perusahaan berkomitmen untuk bisa mengurangi dampak tersebut. Salah satunya perusahaan manufaktur cat PT Mowilex Indonesia (PT Mowilex) mengumumkan telah berhasil meraih sertifikasi CarbonNeutral untuk tiga tahun berturut-turut, dengan mencapai emisi karbon pada tingkat net zero.

“Kami harap, sebanyak mungkin, untuk mengadopsi perbaikan ini secara permanen dengan melakukan evaluasi kembali terhadap bagaimana kami beroperasi. Kami mencari perubahan-perubahan yang terkait dengan COVID yang bisa diintegrasikan ke pekerjaan rutin kami untuk meminimalisir dampak negatif kami terhadap lingkungan sembari menciptakan efisiensi finansial," kata Esther Sugiono, CFO PT Mowilex dalam keterangannya.

Ilustrasi Cat. (Elements Envanto)

Esther melanjutkan bahwa pencapaian ini dilakukan dengan membeli offset karbon untuk mengimbangi emisi karbonnya yang berdasarkan penilaian dari evaluasi Scope 1, 2 dan 3 sesuai dengan Protokol CarbonNeutral.

Baca Juga: Ini 5 Sebab Kamu Diganggu di Tempat Kerja, Mesti Dicatat Nih!

Perhitungan emisi dan sertifikasi offset karbon tersebut dikeluarkan oleh dua badan independen yang berada di Amerika Serikat.

Esther mengatakan bahwa pihaknya juga telah memperkenalkan pedoman VOC, standar pada kemasan (labeling) dan telah mengganti secara sukarela stok lama dari cat kayu dan besi yang memiliki kandungan timbal di atas 90ppm dengan versi yang memiliki formulasi baru yang bebas timbal tanpa biaya tambahan untuk toko ataupun distributor.

Ia melanjutkan bahwa pihaknya telah memulai inisiatif-inisiatif efisiensi seperti pengurangan daya listrik yang digunakan oleh pendingin ruangan, memasang sistem penerangan yang efisien, serta memasang insulasi pada kebanyakan dari gedung-gedung perusahaan untuk mengurangi pemakaian listrik.

Kemudian mereka juga telah membangun pabrik baru yang akan beroperasi pada kuartal pertama tahun 2022, yang diharapkan akan mengurangi emisi karbon (CO2) dari operasi manufaktur dan logistik utamanya sebanyak kurang lebih 7 persen.

“Pilar-pilar strategis kami sangat jelas. Kami telah menjadi pemimpin dalam hal kualitas dan keberlanjutan. Kami telah meraih banyak bukti kualitas produk yang menunjukkan komitmen itu, dan kami juga mendapatkan pengakuan untuk inisiatif lingkungan dan CSR kami yang telah meraih banyak penghargaan. Baik pengembang properti yang besar dan pemilik rumah telah menunjukkan kepercayaan mereka terhadap produk-produk kami,” ujar Niko Safavi, CEO PT Mowilex.

Baca Juga: Terus Komitmen Menjaga Lingkungan, PLN Raih 8 Proper Emas dan 20 Proper Hijau

“Konsumen di Indonesia zaman sekarang memiliki harapan agar perusahaan-perusahaan menjadi lebih beretika (ethical), dan mereka lebih percaya dengan merk-merk yang menawarkan produk yang ramah lingkungan,” tambahnya.

Komentar