Sport / arena
RR Ukirsari Manggalani
Suasana pelepasan kontingen Indonesia di Asian Games 2018 yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) di halaman tengah Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (8/8/2018) [Suara.com/Dwi Bowo Raharjo].

Suara.com - Sebelum dihelat closing ceremony Asian Games 2018 pada pekan depan (02/09/2018), kontingen Indonesia masih berpeluang mendulang keping-keping emas dalam perolehan medali. Dan target 16 medali emas yang dicanangkan pun sudah terlampaui, dengan membukukan 22 keping emas.

Dalam konferensi pers yang berlangsung Senin (27/08), Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi menyatakan bahwa perolehan medali emas ini mengantar Indonesia pada sebuah pencapaian baru.

"Prestasi perolehan medali emas di Asian Games 2018 sangat bersejarah, dan terbanyak sepanjang Indonesia mengikuti ajang pesta olah raga terbesar Asia ini," demikian ujarnya.

Untuk penambahan medali emas, harapan bertumpu pada cabang olah raga (cabor) bulu tangkis, panahan, sepak takraw, serta voli pantai.

Baca Juga: Ini Pembahasan Rapat Sekjen Partai Koalisi Prabowo-Sandiaga

Dari cabor bulu tangkis, Indonesia memastikan satu medali emas nomor ganda putra, yang bakal didapat lewat perebutan All Indonesian Final. Yaitu antara pasangan Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo melawan Fajar Alfian / Rian Ardianto.

Masih dari cabor bulu tangkis, medali juga bakal didapat dari tunggal putra, Jonatan Christie yang akan bertarung kontra pebulutangkis Taiwan, Chou Tienchen.

Kemenangan medali emas dari Jonatan Christie ini ditunggu-tunggu,  apalagi setelah target medali emas cabor bulu tangkis yang diberikan kepada pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir tidak terealisasi. Langkah keduanya terhenti di babak semi final dan menghasilkan medali perunggu.

Sementara dari cabor panahan, atlet Diananda Choirunisa bakal menantang pemanah asal Cina, Zhang Xinyan di nomor recurve perorangan putri, dalam memperebutkan medali emas.

Untuk cabor voli pantai yang berlangsung di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, pasangan Ade Chandra Rachmawan / Mohammad Ashfiya bakal memperebutkan medali emas melawan pasangan Ahmed Janko / Cherif Samba dari Qatar.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Usai Man United Dilibas Tottenham di Old Trafford

Dan untuk sepak takraw, tim Indonesia bakal bertarung melawan tim Malaysia memperebutkan emas di babak final nomor regu putra. Antara